PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN



Pengertian
Secara termnologi kata media berasal dari bahasa latin yaitu medium yang artinya perantara atau pengantar ( E Kosasih, 2014). Media adalah perantara atau pengatar pesan dari pengirim ke penerima pesan (Sadiman dkk., 1990; Arsyad, 2005; E Kosasih, 2014) .
Beberapa pengertian media belajar menurut para ahli (E kosasih, 2014) :
a.       Berlach dan Ely ( 1971) mengemukakan bahwa media belajar merupakan alat-alat grafis, fotografis, atau elektronis, untuk menangkap, memproses dan menyusun kembali informasi visual ataupun verbal.
b.      Heinich, dkk (1985) mengemukakan bahwa media pembelajaran merupakan pembawa pesan-pesan atau informasi yang bertujuan pembelajaran atau mengandung maksud-maksud pembelajaran.
c.       Martin dan Briggs (1986) mengemukakan bahwa media pembelajaran mencakup semua sumber yang diperlukan untuk melakukan komunikasi dengan siswa/peserta didik. Hal ini bisa merupakan perangkat keras dan perangkat lunak yang digunakan pada perangkat keras.
d.      H. Malik (1994) mengemukakan bahwa media belajar adalah segala sesuatu yang dapat digunakan untuk menyalurkan pesan (bahan pembelajaran) sehingga dapat merangsang perhatian, minat, pikiran dan perasaan si belajar dalam kegiatan belajar untuk mencapai tujuan pembelajaran tertentu.
Kalau kita lihat dari beberapa pengertian tentang media belajar (media pembelajaran) diatas. Maka kita dapat menyatakan bahwa, media belajar memiliki unsur-unsur sebagai berikut:
1.      Dapat digunakan untuk menyalurkan pesan ( bahan pembelajaran, materi ajar, atau ilmu pengetahuan itu sendiri).
2.      Dapat merangsang atau meningkatkan minat belajar peserta didik (siswa), sehingga siswa antusias dalam mengikuti kegiatan pembelajaran.
3.      Digunakan untuk mencapai tujuan pembelajaran yang sudah ditentukan sebelumnya.
Secara umum penggunaan media pembelajaran mempunyai nilai-nilai ( E Kosasih, 2014) sebagai berikut :
a.       Dengan peragaan (menggunakan media pembelajaran) bermaksud untuk meletakkan dasar-dasar yang nyata untuk berfikir dan mengurangi verbalisme
b.      Memperbesar minat dan perhatian siswa untuk belajar
c.       Untuk meningkatkan perkembangan belajar siswa
d.      Untuk memberikan pengalaman baru dan nyata bagi siswa dalam belajar.
e.       Membantu tumbuhnya pemikiran dan membantu berkembangnya kemampuan berbahasa.
Adapun menurut Nana Sudjana (2002), prinsip-prinsip penggunaan media belajar adalah sebagai berikut:
a.       Ketepatan menentukan jenis media yang sesuai dengan tujuan dan bahan pelajaran
b.      Ketepatan menetapkan dan atau memperhitungkan tingkat kemampuan/kematangan siswa
c.       Ketepatan dalam cara penyajian
d.      Ketepatan waktu, tempat, dan situasi
Secara umum penggunaan media pembelajaran dilakukan agar siswa mampu mengembangkan dan melibatkan seluruh panca indra yang dimilikinya. Ketika hal tersebut dilakukan oleh seorang guru. Maka peluang anak didik untuk mengembangkan potensinya jauh lebih besar daripada ketika tidak menggunakan media pembelajaran.
Bayangkan betapa abstrak_nya pelajaran siswa kelas VI SD tentang materi demokrasi. Ketika gurunya hanya menyuruh siswa untuk mencatat materi tersebut dari buku paket ke buku catatan siswa. Yakinlah bahwa yang dirasakan oleh siswa adalah kebingungan. Walaupun siswa membaca dan menulis materi tersebut. tapi itu tidak cukup kuat membantunya memahami materi yang dipelajari.
Berbeda halnya jika, materi disajikan dengan menggunakan gambar visual yang dilihat siswa. Siswa melakukan pengamatan terhadap proses demokrasi yang ditonton dengan menggunakan kegiatan Pemilu sebagai contohnya. Atau siswa melakukan kegiatan musyawarah bersama untuk menentukan ketua kelas mereka. Maka pada saat dijelaskan tentang materi demokrasi, seketika itu juga siswa akan dapat dengan mudah menyerap dan memahaminya. Kenapa..? karena semua indra dan potensi siswa tergerakkan.
Oleh sebab itu, setiap guru dituntut lebih kreatif dalam memberikan materi pelajaran. Salah satunya adalah dengan menggunakan media pembelajaran. Sebagaimana pengertian pembelajaran di atas.  Faktor yang diharapkan mampu mengalami perkembangan ketika guru menggunakan media pembelajaran dalam mengajar (E Kosasih, 2014) adalah sebagai berikut:
a.       Penguatan daya kognisi pada siswa
b.      Penguatan ranah afektif pada siswa
c.       Oftimalisasi aktifitas pembelajaran
d.      Penghargaan terhadap keragaman potensi dan cara belajar siswa
e.       Pengembangan sikap sosial siswa
Berbagai jenis media pembelajaran dapat digunakan untuk memaksimalkan proses kegiatan belajar mengajar di kelas atau di sekolah. Beberapa jenis media belajar ( E Kosasih, 2014) diantaranya :
a.       Media grafis
Media grafis termasuk media visual. Media ini berfungsi menyalurkan pesan dari sumber ke  penerima pesan. Jenis media yang termasuk ke dalam grafis seperti, gambar, sketsa, foto, tabel, diagram, bagan, grafik, kartun, poster, peta, globe, denah, papan flannel, dan papan bulletin.
b.      Media audio
Media audio berkaitan dengan indra pendengaran. Pesan yang akan disampaikan dituangkan dalam lambang-lambang auditif, baik verbal ataupun nonverbal, jenis media audio seperti, kamera, radio, vcd, laboratorium bahasa.
c.       Media proyeksi
Jenis media yang termasuk media ini adalah OHP dan LCD
d.      Internet
Internet biasa digunakan untuk mencari informasi tambahan. Bisa menjadi media belajar dengan syarat guru harus mengawasi siswa secara intensif dan mengarahkan siswa untuk menggunakan internet secara bijak. Penggunaan internet untuk kegiatan belajar bisa dilakukan dengan membuka akses mesin pencari seperti, google, yahoo, dll.
e.       Lingkungan sekitar (alam)
Yang tidak kalah penting sebagai media pembelajaran adalah, dengan menggunakan kekayaan lingkungan sekitar (alam). Hal ini bisa dilakukan untuk meningkatkan kapasitas pembelajaran yang dilakakun oleh guru. Penggunaan lingkungan sebagai media belajar dikenal juga dengan contextual teaching and learning.
Referensi :
E Kosasih, 2014, Strategi Belajar Dan Mengajar (Implementasi Kurikulum 2013). Bandung : Penerbit Prayama Media.




Komentar

Postingan populer dari blog ini

Rindu Indonesia

HUJAN

Nazwa Aulia