AKU INGIN MENGANTARMU LEBIH JAUH


 
”tidak ada anak yang bodoh, yang ada hanya anak yang tidak mendapat kesempatan belajar dari guru yang baik dan metode yang benar.”
“Guru yang baik adalah guru yang bisa menginspirasi para muridnya, guru yang baik adalah guru yang bisa mengajarkan muridnya dengan mudah, ceria dan senang
(Prof. Y. Surya)
          
  Biasanya aktifitas yang kami lakukan sama saja, tidak ada yang berubah. Hari-hai berjalan seperti biasanya. Mengawali langkah kaki dari tempat tinggal (asrama), berjalan sejauh 1 Km, hingga menembus batas keterbatasan, adalah hal yang selalu menjadi rutinitas. Semua berjalan tanpa kendala. Nyaris aktivitas tersebut membuat saya mengepalkan tangan untuk mengatakan, saya ingin sesuatu yang baru.
            Ternyata selama ini saya tak pernah menyadari, bahwa ada seseorang yang membutuhkan sesuatu yang baru dalam hidupnya. Saya  tak pernah berfikir luar biasa tentang dirinya, pun juga hari-hari bertemu dengannya seperti hari yang biasa saja. Padahal sejatinya ia sangat membutuhkan perhatian khusus.
            Terus terang hal ini membuat saya merasa menyesal, karena keterlambatan menyadari ketidak sadaran tersebut. Semestinya sedari awal saya melakukan perhatian khusus padanya. Tapi baru beberapa hari ini saya benar-benar memperhatikannya.
            Sebagai seorang “guru” tak seharusnya keterlembatan ini saya alami. Sekali lagi saya baru tersadarkan, bahwa ada seseorang yang membutuhkan perhatian khusus dari saya. Memang penyesalan di akhir tidaklah berguna, tapi lebih baik terlambat daripada tidak sama sekali.
            Prinsip itulah yang saya pegang saat ini. Saat-saat dimana saya mulai memberikan perhatian dan bimbingan khusus padanya. Memang, setiap hari saya melihat ada masalah pada dirinya, tapi setiap hari juga saya tak pernah tersadarkan untuk menyelesaikan masalahnya.
            Tapi beberapa hari yang lalu, setelah memberikan dia “tugas tambahan” sebagai sanksi, karena dia sering mengganggu teman-temannya di kelas. Saat itu saya baru tersadar bahwa ada bakat khusus yang dia miliki dan harus dibimbing lebih dalam lagi.
            Walaupun dalam sisi akademik saya sadar dia begitu terlambat untuk menerima pelajaran daripada teman-temannya. Serpti dalam hal menulis, membaca, dan menyelesaikan tugas matematika. Selalu saja dia yang terlambat, atau bahkan tak sama sekali mengerjakan tugas.
            Namanya M. Zaelani biasa dipanggil Enjen, siswa kelas V di sekolah tempat saya mengajar (magang sebagai guru SGI). Ia adalah siswa dengan sekelumit masalah  yang saya sebutkan diatas. Dengan masalah yang ia miliki selama ini, menjelang 2 pekan saya berakhir masa magang, saya katakan sekali,  “ saya baru tersadarkan untuk dapat mengatasi masalah-masalah yang dialaminya”.
            Untuk mengatasi masalah-masalahnya, saya melakukan bimbingan khusus kepadanya, supaya dia bisa mengalami peningkatan dalam sisi akademiknya. Sebagaimana saya kemukakan diatas salah satu masalahnya adalah kemampuan untuk menulis. Sayapun melakukan bimbingan khusus menulis padanya disetiap mata pelajaran yang saya ampu (sekolahnya masih menggunakan KTSP). Boleh dikatakan dia bisa menulis, tapi sangat sulit untuk difahmami apa yang jadi tulisannya.
Ada satu cerita menarik tentangnya, pernah suatu ketika saya menggunakan lubs (kaca pembesar) untuk membaca tulisannya. Karena tulisannya cukup sulit untuk dimengerti, walaupun demikian saya kemudian mampu mengerti apa yang ia tulis.
            Dari hal inilah, saat ini  saya menargetkan khusus, sebelum masa magang saya berakhir, dia harus bisa menulis dengan baik, benar, dan rapi. Dan target yang lebih penting dari itu semua, tentunya membuat dia semangat dalam belajar. Sekali lagi ini memang terlambat, walaupun begitu saya meyakini bahwa Insya Allah akan membuat dia berubah lebih baik, karena sungguh saya ingin mengantarnya lebih jauh, dari apa yang terjadi dengan dia selama ini. Membuat dia lebih merasakan perubahan setelah keberadaan saya mengajar selam kurang lebih dua setengah bulan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Rindu Indonesia

HUJAN

Nazwa Aulia