RANCANGAN LAPORAN MAGANG
LAPORAN MAGANG
SGI ANGKATAN VII
NAMA:
AHMAD
RIZAL KHADAPI
SEKOLAH
MENGAJAR
MADRASAH
IBTIDAIYAH (MI) NURUL IMAN
SEKOLAH GURU INDONESIA
Awaken the teacher within
LAPORAN OBSERVASI KELAS 1
Tanggal/bulan/tahun:10/10/2014
No
|
Refleksi
|
||||||||
|
LAPORAN OBSERVASI KELAS 2
Tanggal/bulan/tahun:
jumat 10 oktober 2014
No
|
Refleksi
|
||||||||
Refleksi:
Dari
hal diatas, dapat disimpulkan bahwa proses KBM pada kelas II yang diampu pak
Dayat, diketahui hanya bersfiat proses transfer ilmu, tidak terlihat pendidikan berbasis pengembangan
karakter siswa.
|
LAPORAN OBSERVASI KELAS 3
Tanggal/bulan/tahun: oktober 2014
No
|
Refleksi
|
||||||||
dari
apa yang di paparkan diatas, maka dapat diambil simpulan bahwa;
1.
Belum ada medi
pembelajaran yang inovatif
2.
Manajemen kelas
masih bersifat ketertiban kelas
3.
Dan jalannya
pembelajaran sangat monoton. Belum ada pembelajaran berbasis Fun Learning.
|
|||||||||
LAPORAN OBSERVASI KELAS 4
Tanggal/bulan/tahun:
No
|
Refleksi
|
||||||||
Catatan Refleksi :
Berdasarkan hasil observai
kelas, dapat disimpulkan bahwa :
1.
Interaksi guru
dengan siswa hanya sebatas tanya jawab, tidak ada variasi yang lain
2.
Penggunaan
metode ceramah dari awal hingga akhir pembelajaran menyebabkan siswa menjadi
bosan dan berujung pada komunikasi antar siswa yang tidak produktif
3.
Tidak
menggunakan media pembelajaran, hanya ceramah saja sambil diselingi tanya
jawab hingga akhir pelajaran, sehingga ke depannya guru diharapkan dapat
membuat media pembelajaran atau menambahkan metode belajar yang lain agar
siswa bisa terlib
|
LAPORAN OBSERVASI KELAS 5
Tanggal/bulan/tahun: 13 Oktober 2014
No
|
Refleksi
|
||||||||
Catatan Refleksi :
Dari hasil observasi dapat
disimpulkan bahwa
1.
Pembelajaran
berjalan seperti biasa tidak menggunakan media yang mengaktifkan siswa
2.
Pelaksanaan
pembelajaran sudah bagus berdasarkan pembagian kelompok pada siswa sehingga
komunikasi antar siswa bisa terjadi secara efektif
Saran : Kedepannya guru diharapkan mampu
menggabungkan beberapa metode pembelajaran yang bervariasi agar terjadi
pembelajaran yang PAIKEM.
|
LAPORAN OBSERVASI KELAS 6
Tanggal/bulan/tahun:
10 Oktober 2014
No
|
Refleksi
|
||||||||
1.
|
Catatan Refleksi :
Dari hasil observasi dapat
disimpulkan bahwa
1.
Guru masih
menggunakan model pembelajaran yang konvensional
2.
Manajemen kelas
sudah bagus tetapi perlu diperbaiki supaya siswa dapat terlibat aktif dalam
pembelajaran
3.
Inovasi
pembelajaran perlu dikembangkan agar siswa dapat belajar menemukan sendiri
konsep-konsep materi yang disampaikan.
|
LAPORAN OBSERVASI 1
Tanggal/bulan/tahun:
No
|
Refleksi
|
LAPORAN OBSERVASI 2
Tanggal/bulan/tahun:
___________________
No
|
Refleksi
|
LAPORAN OBSERVASI 3
Tanggal/bulan/tahun:
___________________
No
|
Refleksi
|
LAPORAN DISKUSI, SHARING DAN SEJENISNYA
Tanggal/Bulan/Tahun: SENIN 22 SEPTEMBER 2014
No
|
PesertaTerlibat
|
Deskripsi
Materi
|
Kesimpulan
|
1
|
PAK ASEP (KEPALA SEKOLAH) DAN SAYA
|
PEMBICARAAN
SEPUTAR SEKOLAH (MI NURUL IMAN) TERKAIT DENGAN KEBERADAAN GURU, KURIKULUM
YANG DIGUNAKAN, DAN LATARA BELAKANG SISWA-SISWI YANG SEKOLAH DISANA.
JUGA
PEMBICARAAN TERKAIT DENGAN LATAR BELAKANG ADANYA MI NURUL IMAN, DAN SEJARAH
BERDIRINYA MI NURUL IMAN.
|
BAHWA
MI NURUL IMAN
1.
MASIH
KEKURANGAN GURU DALAM PROSES KBM
2.
MASIH
KEKURANGAN RUANG KELAS UNTUK KEGIATAN KBM
3.
BELUM
MENERAPKAN KURIKULUM 2013, KARENA TERKDENDALA BUKU DAN GURU YANG BELUM
TERLATIH.
|
LAPORAN DISKUSI, SHARING DAN SEJENISNYA
Tanggal/Bulan/Tahun: RABU 23 SEPTEMBER 2014
No
|
PesertaTerlibat
|
DeskripsiMateri
|
Kesimpulan
|
1
|
PAK
ROSYID (WALI KELAS V) DAN PAK ASEP
(KEPALA SEKOLAH) DAN SAYA
|
1.
BERKAITAN
DENGAN PROSES PEMBELAJARAN DIKELAS V, DAN PEMBAGIAN KELAS MAGANG.
2.
JUGA
DIBICARAKAN TENTANG KEPERGIAN PAK ROSYID SELAMA 1 MINGGU KE BANDUNG DALAM
RANGKA SERTIFIKASI DARI TANGGAL 25 SEPTEMBER-1 OKTOBER 2013.
3.
SEHINGGA DALAM
HAL INI SAYA MENGGANTIKAN PAK ROSYID MENGAJAR BEBERAPA MATA PELAJARAN YANG
BELIAU PEGANG.
|
SELAMA
PROSES MAGANG, SAYA DITEMPATKAN DI KELAS V, DAN SELAMA PAK ROSYID PERGI SAYA
MENGAMPU SEMUA MATA PELAJARAN YANG DIPEGANG OLEH BELIAU, KECUALI BHS INGGRIS,
IPS, DAN MATA PELAJARAN BHS ARAB.
|
LAPORAN DISKUSI, SHARING DAN SEJENISNYA
Tanggal/Bulan/Tahun:
SABTU 27 SEPTEMBER 2014
No
|
PesertaTerlibat
|
DeskripsiMateri
|
Kesimpulan
|
1.
|
SAYA
DAN PAK KHOIR
|
PEMBICARAAN
TERKAIT DENGAN AGENDA MID SEMESTER PADA TANGA 29 SEPTEMBER – JUMAT 3 0KTOBER
2014
|
SELAMA
PELAKSANAAN MID SEMESTER DARI TANGGAL 29 SEPT-3 OKT. 2014 KAMI MENJADI TIM
PENGAWAS.
|
LAPORAN DISKUSI, SHARING DAN SEJENISNYA
Tanggal/Bulan/Tahun:
_________________________
No
|
PesertaTerlibat
|
DeskripsiMateri
|
Kesimpulan
|
1
|
SAYA
DAN PAK ROSYID
|
PEMBICARAAN
SEPUTAR MATA PELAJARAN YANG AKAN SAYA AMPU SELAMA MASA MAGANG, YAITU MATEMATIKA,
BAHASA INDONESIA, DAN IPA
|
SAYA
DIBERIKAN TUGAS UNTUK MENGAMPU MATA PELAJARAN IPA, BAHASA INDONESIA, DAN
MATEMATIKA
|
LAPORAN DISKUSI, SHARING DAN SEJENISNYA
Tanggal/Bulan/Tahun:
Rabu 1 Oktober 2014 Pukul 11.00
No
|
PesertaTerlibat
|
DeskripsiMateri
|
Kesimpulan
|
1
|
Ibu
Ayang (orang tua siswa) dan 14 orang siswa perempuan kelas V, serta kami guru
magang SGI (AHMAD RIZAL KHADAPI, DENA FADILAH, MARIA ULFAH)
|
1.
KEGIATAN
DILAKUKAN DENGAN DESKRIPSI KUNJUNGAN KERUMAH ORANG TUA SISWA, SEKALIGUS DALAM
RANGKA MENJENGUK SISWA YANG BERNAMA “AYANG” YANG MENGALAMI SAKIT PADA BAGIAN
PERUT SELAMA KURANG LEBIH 1 BULAN, DAN TAK DAPAT MENGIKUTI UJIAN TENGAH
SEMESTER.
2.
DARI KETERANGAN
ORANG TUA SISWA (IBUNYA AYANG) DAPAT DIKETAHUI BAHWA AYANG ADALAH SISWA KELAS
V YANG TIDAK DAPAT MASUK SEKOLAH DIKARENAKAN MENDERITA USUS BUNTU DAN BARU
SELESAI DIOPERASI
3.
KONDISI
KELUARGANYA BERADA PADA GARIS KEMISKINAN, HAL INI BERDASARKAN BUKTI FISIK
RUMAH ORANG TUANYA YANG TERBILANG LAYAK HUNI.
|
BAWHA
ADA SISWA KELAS V SD YANG MENDERITA PENYAKIT USUS BUNTU SEHINGGA TAK DAPAT
MENGIKUTI PEMBELAJARAN DAN JUGA TAK DAPAT MENGIKUTI MID.
|
LAPORAN DISKUSI, SHARING DAN SEJENISNYA
Tanggal/Bulan/Tahun:
_________________________
No
|
PesertaTerlibat
|
DeskripsiMateri
|
Kesimpulan
|
LAPORAN DISKUSI, SHARING DAN SEJENISNYA
Tanggal/Bulan/Tahun:
_________________________
No
|
PesertaTerlibat
|
DeskripsiMateri
|
Kesimpulan
|
LAPORAN DISKUSI, SHARING DAN SEJENISNYA
Tanggal/Bulan/Tahun:
_________________________
No
|
PesertaTerlibat
|
DeskripsiMateri
|
Kesimpulan
|
LAPORAN DISKUSI, SHARING DAN SEJENISNYA
Tanggal/Bulan/Tahun:
_________________________
No
|
PesertaTerlibat
|
DeskripsiMateri
|
Kesimpulan
|
LAPORAN DISKUSI, SHARING DAN SEJENISNYA
Tanggal/Bulan/Tahun:
_________________________
No
|
PesertaTerlibat
|
DeskripsiMateri
|
Kesimpulan
|
LAPORAN DISKUSI, SHARING DAN SEJENISNYA
Tanggal/Bulan/Tahun:
_________________________
No
|
PesertaTerlibat
|
DeskripsiMateri
|
Kesimpulan
|
LAPORAN DISKUSI, SHARING DAN SEJENISNYA
Tanggal/Bulan/Tahun:
_________________________
No
|
PesertaTerlibat
|
DeskripsiMateri
|
Kesimpulan
|
LAPORAN DISKUSI, SHARING DAN SEJENISNYA
Tanggal/Bulan/Tahun:
_________________________
No
|
PesertaTerlibat
|
DeskripsiMateri
|
Kesimpulan
|
Laporan Training
NamaSekolah
: MADARASAH IBTIDAIYAH (MI) NURUL IMAN
NamaTrainer : MARIA ULFAH
Peserta yang terlibat
|
Refleksi
Materi Training
|
Waktu, Tempat Training dilaksanakan
|
GURU
SEKOLAH MI NURUL IMAN
1.
KEPALA SEKOLAH
(ASEP SPdi)
2.
ROSYID SPD
(WALI KELAS V)
3.
IBU MEGA (WALI KELAS I)
4.
PAK DAYAT (WALI
KELAS II)
5.
IBU
6.
IBU ROSYIDA (
WALI KELAS IV)
7.
IBU SITI
SUBAEHA (WALI KELAS III)
8.
PAK KHOIR (GURU
OLAH RAGA)
|
MATERI TRAINING YANG DISAMPAIKAN TENTANG
QUANTUM TEACHING;
BEBERAPA
HAL YANG JADI REFLEKSI:
1.
Dari materi
yang disampaikan belum semua guru dapat memahami, hal ini didasarkan pada
hasil penilain ketika mereka melaksanakan “micro teaching menggunakan quantum teaching”
2.
Guru-guru di MI
Nurul Iman umumnya telah banyak mendapatkan pelatihan, tapi jarang
diperaktikan dikelas / di sekolah.
3.
Dari 3 guru
yang mempraktikan tentang quantum teaching {yakni Ibu Mega, Pak Asep (kepala sekolah), dan
Ibu Siti Subaeha (wali Kelas 3)}, diketahui mereka benar-benar tidak memahami
cara memperaktikan quantum taching, dan masih malu dalam melakukan micro
teaching.
|
TEMPAT
PELAKSANAAN DI RUANG KELAS VI, MI NURUL
IMAN
|
Lampiran
PROPOSAL PTK
PROPOSAL
PENELITIAN TINDAKAN KELAS (PTK)
DISPLAY
Lampiran
RPP Display
Gambar
Display
|
Laporan Pembiasaan
Laporan Kunjungan ke Orang Tua
Laporan Lesson Study
Di MI Nurul Iman
Kelompok
:
1. Maria Ulfah
2. Ahmad Rizal Khadapi
3. Dena fadilah
Materi
:
Membaca
Berita
Guru
model : Maria Ulfah
Observer
:
1.
Dena
Fadilah
2.
Ahmad
Rizal khadapi
Mata
Pelajaran : Bahasa Indonesia
Waktu :
09.00-11.00
Tanggal
: 24 Oktober 2014
Refleksi
hasil lesson studi dari para observer :
INTERAKSI SISWA GURU
|
INTERAKSI ANTARA SISWA DENGAN SISWA
|
INTERAKSI SISWA DENGAN MEDIA PEMBELAJARAN
|
KETERANGAN TAMBAHAN DAN SARAN
|
beberapa hal yang menjadi hasil pengamatan interaksi siswa
dengan guru
interaksi berjalan dengan baik, sebagaimana yang terjadi
siswa mampu menjawab dengan atraktif dan aktif pertanyaan dari guru secara lisan
|
interaksi antara siswa dengan siswa sudah berjalan dengan
baik, karena proses pembelajaran
menggungakan metode pengelompokan siswa
|
dalam hal ini interaksi antara siswa dengan media
pembelajaran juga sudah aktif, karena masing – masing kelompok diberikan satu
media pembelajaran yang mengharuskan mereka untuk mampu mengamati.
|
Yang
harus diperbaiki di kegiatan inti :
1. Mengaitkan materi dengan pengetahuan lain yang relevan
2. Penguasaan kelas
3. Melaksanakan pembelajaran yang memungkinkan tumbuhnya
kebiasaan positif
4. Penggunaan media yang efektif dan efisien
5. Merespon positif partisipasi siswa
6. Memfasilitasi terjadinya interaksi siswa, guru, dan sumber
belajar
7. Menunjukkan respon terbuka terhadap siswa
8. Memantau kemajuan belajar siswa
Yang
harus diperbaiki di RPP :
1. Keseuian materi ajar dan cara penyampaiannya dengan
karakter siswa
2. Keruntutan materi dan alokasi waktu
3. Kesesuaian strategi dan metode pembelajaran dengan
karakter peserta didik
4. Kesesuaian penerapan strategi pembelajaran dengan alokasi
waktu
5. Kesesuaian teknik penilaian dengan kompetensi
6. Kejelasan prosedur penilaian
|
masih terdapat siswa yang bermain-main (tidak
memperhatikan) pada saat guru sedang memberikan arahan
|
|||
dalam hal pembagian kelompok guru, lupa memberikan anam
pada kelompok2 yang ada.
|
|||
dalam kontek pembukaan pembelajaran, sudah berjalan dengan
baik mulai dari salam, paersepsi, dan ice breaking
|
|||
dalam pelaksanaan pembelajaran guru masih lebih dominan
daripada siswa.
|
|||
manajemen kelas sudah bisa berlangsung dengan baik
|
|||
Tulisan Best Practice Model Pembelajaran
AKU INGIN MENGANTARMU LEBIH JAUH
”tidak ada
anak yang bodoh, yang ada hanya anak yang tidak mendapat kesempatan belajar
dari guru yang baik dan metode yang benar.”
“Guru yang
baik adalah guru yang bisa menginspirasi para muridnya, guru yang baik adalah
guru yang bisa mengajarkan muridnya dengan mudah, ceria dan senang”
(Prof. Y. Surya)
Biasanya
aktifitas yang kami lakukan sama saja, tidak ada yang berubah. Hari-hai
berjalan seperti biasanya. Mengawali langkah kaki dari tempat tinggal (asrama),
berjalan sejauh 1 Km, hingga menembus batas keterbatasan, adalah hal yang
selalu menjadi rutinitas. Semua berjalan tanpa kendala. Nyaris aktivitas
tersebut membuat saya mengepalkan tangan untuk mengatakan, saya ingin sesuatu
yang baru.
Ternyata
selama ini saya tak pernah menyadari, bahwa ada seseorang yang membutuhkan
sesuatu yang baru dalam hidupnya. Saya
tak pernah berfikir luar biasa tentang dirinya, pun juga hari-hari
bertemu dengannya seperti hari yang biasa saja. Padahal sejatinya ia sangat
membutuhkan perhatian khusus.
Terus
terang hal ini membuat saya merasa menyesal, karena keterlambatan menyadari
ketidak sadaran tersebut. Semestinya sedari awal saya melakukan perhatian
khusus padanya. Tapi baru beberapa hari ini saya benar-benar memperhatikannya.
Sebagai
seorang “guru” tak seharusnya keterlembatan ini saya alami. Sekali lagi saya
baru tersadarkan, bahwa ada seseorang yang membutuhkan perhatian khusus dari
saya. Memang penyesalan di akhir tidaklah berguna, tapi lebih baik terlambat
daripada tidak sama sekali.
Prinsip
itulah yang saya pegang saat ini. Saat-saat dimana saya mulai memberikan
perhatian dan bimbingan khusus padanya. Memang, setiap hari saya melihat ada
masalah pada dirinya, tapi setiap hari juga saya tak pernah tersadarkan untuk
menyelesaikan masalahnya.
Tapi
beberapa hari yang lalu, setelah memberikan dia “tugas tambahan” sebagai
sanksi, karena dia sering mengganggu teman-temannya di kelas. Saat itu saya
baru tersadar bahwa ada bakat khusus yang dia miliki dan harus dibimbing lebih
dalam lagi.
Walaupun
dalam sisi akademik saya sadar dia begitu terlambat untuk menerima pelajaran
daripada teman-temannya. Serpti dalam hal menulis, membaca, dan menyelesaikan
tugas matematika. Selalu saja dia yang terlambat, atau bahkan tak sama sekali
mengerjakan tugas.
Namanya
M. Zaelani biasa dipanggil Enjen,
siswa kelas V di sekolah tempat saya mengajar (magang sebagai guru SGI). Ia
adalah siswa dengan sekelumit masalah
yang saya sebutkan diatas. Dengan masalah yang ia miliki selama ini,
menjelang 2 pekan saya berakhir masa magang, saya katakan sekali, “ saya
baru tersadarkan untuk dapat mengatasi masalah-masalah yang dialaminya”.
Untuk
mengatasi masalah-masalahnya, saya melakukan bimbingan khusus kepadanya, supaya
dia bisa mengalami peningkatan dalam sisi akademiknya. Sebagaimana saya kemukakan
diatas salah satu masalahnya adalah kemampuan untuk menulis. Sayapun melakukan
bimbingan khusus menulis padanya disetiap mata pelajaran yang saya ampu
(sekolahnya masih menggunakan KTSP). Boleh dikatakan dia bisa menulis, tapi
sangat sulit untuk difahmami apa yang jadi tulisannya.
Ada satu cerita menarik
tentangnya, pernah suatu ketika saya menggunakan lubs (kaca pembesar) untuk membaca tulisannya. Karena tulisannya
cukup sulit untuk dimengerti, walaupun demikian saya kemudian mampu mengerti
apa yang ia tulis.
Dari
hal inilah, saat ini saya menargetkan
khusus, sebelum masa magang saya berakhir, dia harus bisa menulis dengan baik,
benar, dan rapi. Dan target yang lebih penting dari itu semua, tentunya membuat
dia semangat dalam belajar. Sekali lagi ini memang terlambat, walaupun begitu
saya meyakini bahwa Insya Allah akan membuat dia berubah lebih baik, karena
sungguh saya ingin mengantarnya lebih jauh, dari apa yang terjadi dengan dia
selama ini. Membuat dia lebih merasakan perubahan setelah keberadaan saya
mengajar selam kurang lebih dua setengah bulan.
Laporan Poster Afirmasi
Lampiran:
RencanaPembelajaran
MATEMATIKA
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah : MI Nurul Iman
Mata Pelajaran : MATEMATIKA
Kelas/Semester : V/1
Pertemuan ke : 1-6
Alokasi Waktu :
12 x 35 Menit
A.
Standar Kompetensi :
1.
Melakukan operasi hitung bilangan bulat dalam pemecahan masalah
B.
Kompetensi
Dasar
1.3 melakukan operasi hitung bilangan bulat
C.
Tujuan
Pembelajaran**
Peserta
didik dapat :
-
Membaca dan menuliskan bilangan
bulat dalam kata-kata angka
-
Melakukan operasi penjumlahan,
pengurangan, perkalian, dan pembagian bilangan bulat
-
Melakukan operasi hitung campuran
dengan bilangan bulat
-
Memecahkan masalah sehari-hari yang
melibatkan bilangan bulat
v Karakter siswa yang diharapkan:
Rasa Ingin tahu, Mandiri, Kerja keras, Kreatif,Disiplin, Menghargai Prestasi,
Demokratis, Tanggung Jawab.
D.
Materi
Ajar
Operasi Hitung Bilangan Bulat
-
Membaca dan menulis bilangan bulat
-
Operasi penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat
-
Operasi perkalian dan pembagian bilangan bulat positif
-
Menyelesaikan masalah sehari-hari yang melibatkan operasi hitung bilangan
bulat
E.
Metode
dan Pendekatan Pembelajaran
Demonstrasi, Tanya Jawab, Ceramah, Aktive Learninig, Latihan
F.
Langkah-langkah
Pembelajaran
Pertemua 1-3
|
Rencana Waktu
|
§ Kegiatan Awal
F
Berdo’a, presensi, apersepsi, Pembiasaan baik peduli lingkungan
F
Memberikan
motivasi dan menjelaskan tujuan pembelajaran
F
Mengajak
siswa bertanya jawab tentang kegiatan keseharian mereka.
F
Mengingatkan kembali tentang konsep bilangan
bulat dan contohnya
|
10 Menit
|
& Eksplorasi
Dalam kegiatan
eksplorasi, guru:
siswa dapat melakukan operasi hitung bilangan bulat
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
guru:
-
Mendiskusikan
cara membuat garis bilangan, melakukan pengamatan apa saja yang
terdapat pada garis bilangan tersebut, didiskusikan sampai memperoleh
kesimpulan
-
Menjelaskan cara menjumlahkan dan mengurangkan
dua bilangan bulat dengan garis bilangan. Setelah itu menduskusikan cara
menjumlahkan dan mengurangkan bilangan bilangan bulat yang lain sampai
didapat kesimpulan.
-
Siswa diuji kemampuannya dengan mengerjakan
soal-soal latihan.
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F
Guru
bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F
Guru
memberikan postes atas materi-materi yang belum difahami siswa
§
Kegiatan Penutup
Dalam
kegiatan penutup, guru:
F
Siswa
dan guru bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari
F
Siswa
dan guru membuat kesimpulan materi yang telah dipelajari.
F
Siswa
dan guru penutup pelajaran.
|
30 Menit
20 menit
10 Menit
|
.
|
Pertemua 4-6
|
Rencana Waktu
|
§ Kegiatan Awal
F
Berdo’a, presensi, apersepsi, Pembiasaan baik peduli lingkungan
F
Memberikan
motivasi dan menjelaskan tujuan pembelajaran
F
Mengajak
siswa bertanya jawab tentang kegiatan keseharian mereka.
F
Mengingatkan kembali tentang konsep bilangan
bulat dan contohnya
|
10 Menit
|
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi,
guru:
siswa dapat melakukan operasi hitung campuran bilangan
bulat
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
guru:
-
Melakukan diskusi kelas untuk menentukan
sifat-sifat perkalian dan pembagian bilangan bulat. Guru memberikan
kasus-kasus mengenai perkalian dan pembagian bilangan bulat misalnya :
bagaimanakah hasil dari ini….
-
(+) x(+) contoh 4x6=….
-
(+)x(-) contoh 3 x (-7)=….
-
Dst.
-
Memberikan beberapa kasus mengenai operasi
hitung campuran terutama operasi hitung penambahan atau pengurangan dengan perkalian
atau pembagian, setelah itu mengadakan diskusi kelas dan bersama-sama mencari
kesimpulan. Bagaimanakah hasil dari :
-
Pengerjaan dari kiri
-
1) (40+50)-70=…apakah hasilnya sama dengan 40+
(50-70)…
-
2) (45-45) : 5 =.. apakah hasilnya sama dengan
45-(45:9) =..
-
3) (12x5)+6=… apakah hasilnya sama dengan 12x
(5+6) =…
-
Dst.
-
Lalu kasus-kasus itu didiskusikan bersama-sama
untuk mencari aturan dasar mengenai operasi hitungan campuran
-
Mengadakan percobaan dan diskusi kelas
mengenai masalah-masalah yang berhubungan dengan bilangan bulat misalnya jual
beli dll.
-
Melakukan latihan soal memcahkan bilangan
bulat dalam kehidupan sehari-hari
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F
Guru
bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F
Guru
memberikan postes atas materi-materi yang belum difahami siswa
§
Kegiatan Penutup
Dalam
kegiatan penutup, guru:
F
Siswa
dan guru bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari
F
Siswa
dan guru membuat kesimpulan materi yang telah dipelajari.
F
Siswa
dan guru penutup pelajaran.
|
40 Menit
10 menit
10 menit
|
.
|
G.
Alat/Bahan
dan Sumber Belajar
§ Buku Pelajaran Gemar Matematika 5.
§ Koin logam, manik-manik
dll
§ White board, spidol.
§ Karton bekas, keratas
origami dll
H.
Penilaian
Materi
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Teknik Teknik Penilaian
|
Bentuk instrumen
|
Instrumen
Soal
|
Operasi Hitung Bilangan Bulat
.
|
- Membaca
dan menuliskan bilangan bulat dalam kata-kata dan angka
- Melakukan
operasi penjumlahan, pengurangan, pekalian, dan pembagian bilangan bulat
- Melakukan
operaso hitung campuran dengan bilangan bulat
- Memecahkan
masalah sehari-hari yang melibatkan bilangan bulat
|
Tugas individu dan kelompok
|
Fretest dan
postes (isian)
|
1.
-234 ditulis…
2.
positif lima ratus empat puluh lima ditulis…
3.
buatlah diagram panahnya 4,-5,-3, -10..!
4.
buatlah diagram panahnya dari operasi 3 –10=
n!
5.
-34+20=…
6.
-20-30=…
7.
dst
|
Rubrik Penilaian Karakter
Nama Siswa
|
KARAKTER
|
INDIKATOR
|
KETERANGAN
|
||
Sempurna
|
Belum sempurna
|
Tidak terlaksana
|
|||
Rasa Ingin Tahu
|
Bertanya tentang materi yang belum
difahami
|
||||
Mandiri
|
Mengerjakan soal dengan sendiri
|
||||
Kerja keras
|
Mampu menjawab soal secara benar dan
tidak mengeluh dengan waktu
|
||||
Kreatif
|
Mampu mencari alternatif cara belajar yang
berbeda
|
||||
Disiplin
|
Tepat waktu mengerjakan soal, masuk
kelas, dan tidak keluar masuk kelas pada saat jam belajar
|
||||
Menghargai Prestasi
|
Memberikan apresiasi kepada teman yang
mampu menjawab soal dengan baik melalui tepuk apresiasi dan tepuk salut
|
||||
demokratis
|
memberikan
kritik, saran, dan pendapat secara terbuka dan menyenangkan.
|
||||
tanggung jawab
|
mampu
menuntaskan masalah yang dihadapi dengan tanpa keluahan.
|
||||
Rata-Rata
|
Lembar Penilaian
No
|
Nama Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah Skor
|
Nilai
|
|
Pengetahuan
|
Sikap
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.
|
CATATAN :
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal
) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat
penilaian KKM maka diadakan Remedial.
Jampang, Kalisuren Kamis/ 9/10 /2014
Mengetahui,
Kepala
Sekolah MI NURUL IMAN,
ASEP, S.Pd.I
|
Guru
Kelas,
AHMAD RIZAL KHADAPI
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah : MI Nurul Iman
Mata Pelajaran : MATEMATIKA
Kelas/Semester : V/1
Pertemuan ke : 1-5
Alokasi Waktu :
10 x 35 Menit
I.
Standar Kompetensi :
2.
Melakukan operasi hitung bilangan bulat dalam pemecahan masalah
J.
Kompetensi
Dasar
1.4 menghitung perpangkatan dan akar sederhana
K.
Tujuan
Pembelajaran**
Peserta
didik dapat :
-
Mencari hasil pemangkatan dua
-
Melakukan operasi penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian
bilangan berpangkat dua
-
Mengenal arti pangkat dua dari suatu bilangan
-
Mencari hasil penarikan perpangakatan akar pangkat dua dari bilangan
kuadrat
-
Melakukan operasi penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian
bilangan bulat.
v Karakter siswa yang diharapkan:
Rasa Ingin tahu, Kerja sama, Kreatif, Disiplin, Menghargai Prestasi, Tanggung Jawab,
L.
Materi
Ajar
Perpangkatan dan akar sederhan
-
Menuliskan perpangkatan dua sebagai perkalian berulang
-
Operasi hitung yang melibatkan bilangan berpangkat dua
-
Penarikan akar pangkat dua dari bilangan bilangan kuadrat
-
Membandingkan bilangan bertanda akar kuadrat dengan bilangan lain
M.
Metode
dan Pendekatan Pembelajaran
Demonstrasi, Tanya Jawab, Ceramah, Aktive Learninig, fun learning, Latihan
N.
Langkah-langkah
Pembelajaran
Pertemua 1
|
Rencana Waktu
|
§ Kegiatan Awal
F
Berdo’a, presensi, apersepsi, Pembiasaan baik peduli lingkungan
F
Memberikan
motivasi dan menjelaskan tujuan pembelajaran
F
Mengajak
siswa bertanya jawab tentang kegiatan yang menyenangkan hati mereka
|
10 Menit
|
& Eksplorasi
Dalam kegiatan
eksplorasi, guru:
menjelaskan cara melakukan operasi hitung bilangan berpangkat dua,
memberikan beberapa permasalahan dan melakukan Tanya jawab dengan siswa;
contoh permasalahan;
1.
82 + 42 = (8x8) + (4x4)
apakah hasilnya sama dengan 82+42= (8+4)2 ..?
2.
62+52= (6x6) +(5x5)
apakah hasilnya sama dengan 62x52= (6x5)2..?
mengingatkan kembali tentang
aturanbaku operasi hitung campuran bilangan bulat
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
guru:
-
Mendiskusikan
cara membuat table perkalian 1 sampai dengan 10 lalu beri warna
bilangan yang dikalikan bilangan yang sama, melakukan diskusi bersam-sama untuk
menarik kesimpulan
-
Siswa diuji keterampilan dan kemampuan dengan
mengerjakan soal-soal latihan termasuk soal operasi hitung campuran bilangan
berpangkat dua
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F
Guru
bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F
Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan
kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan.
§
Kegiatan Penutup
Dalam
kegiatan penutup, guru:
F Mereview
kembali mengengai materi yang telah disampaikan, memberikan pekerjaan rumah
dan member tugas membaca materi yang akan dibahas pada pertemuan selanjutnya.
|
30 Menit
|
.
|
Pertemuan ke 2-3
|
Rencana Waktu
|
§ Kegiatan Awal
F
Berdo’a, presensi, apersepsi, Pembiasaan baik peduli lingkungan
F
Memberikan
motivasi dan menjelaskan tujuan pembelajaran
F
Mengajak
siswa bertanya jawab tentang kegiatan keseharian mereka.
F
Mengulang sedikit materi tentang bilangan
berpangkat dua dan hubungannya dengan penarikan akar pangkat dua
|
10 Menit
|
& Eksplorasi
Dalam kegiatan
eksplorasi, guru:
menjelaskan cara melakukan penarikan akar pangkat dua dengan
beberapa cara, siswa dapat bebas memilij cara mana yang dimengerti untuk
memecahkan permasalah pada soal. Penarikan akar dapat dilakukan dengan
beberapa carayaitu;
1. Fakotrisasi
prima
2. Cara
bersusun
3. Cara
menaksir
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
guru:
siswa diuji kemampuan dan keterampilannya dalammenarik akar pangkat
dua termasuk soal latihan operasi hitung akar pangkat dua.
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F
Guru
bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F
Guru
memberikan postes atas materi-materi yang belum difahami siswa
§
Kegiatan Penutup
Dalam
kegiatan penutup, guru:
F
Siswa
dan guru bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari
F
Siswa
dan guru membuat kesimpulan materi yang telah dipelajari.
F
Memberikan pekerjaan rumah dan member tugas
membaca materi yang akan dibahas pada pertemuan selanjutnya
F
Siswa
dan guru penutup pelajaran.
|
40 Menit
10 menit
10 menit
|
.
|
Pertemuan ke 4-5
|
Rencana Waktu
|
§ Kegiatan Awal
F
Berdo’a, presensi, apersepsi, Pembiasaan baik peduli lingkungan
F
Memberikan
motivasi dan menjelaskan tujuan pembelajaran
F
Mengajak
siswa bertanya jawab tentang kegiatan keseharian mereka.
F Mengulang
sedikit materi tentang cara menarik akar pangkat dua
|
10 Menit
|
& Eksplorasi
Dalam kegiatan
eksplorasi, guru:
menghitung perpangkatan dan akar sederhana
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
guru:
-
melakukan diskusi dan memecahkan permasalahan soal-soal
pada buku paket
-
menceritakan tentang manfaat dan kegunaan akar
pangkat dua dan bilangan pangkat dua dalam kehidupan sehari-hari lalu mencoba
penerapannya pada soal cerita
-
siswa diuji kemampuannya dan keterampilannya
mengerjakan soal-soal latihan.
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F
Guru
bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F
Guru
memberikan postes atas materi-materi yang belum difahami siswa
§
Kegiatan Penutup
Dalam
kegiatan penutup, guru:
F
Guru memberikan refleksi mengenai materi yang
telah disampaikan, memberikan pekerjaan ruama dan menginformasikan materi
yang akan dipelajari pada pertemuan selanjutnya
|
40 Menit
10 menit
10 menit
|
.
|
O.
Alat/Bahan
dan Sumber Belajar
§ Buku Pelajaran Gemar Matematika 5.
§ Koin logam, manik-manik
dll
§ White board, spidol.
§ Alat praga perhitungan
dari Depdiknas
P.
Penilaian
Materi
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Teknik Teknik Penilaian
|
Bentuk instrumen
|
Instrumen
Soal
|
Melakukan operasi hitung bilangan bulat dalam pemecahan masalah
.
|
- Mencari
hasil pemangkatan dua
- Melakukan
operasi penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian
bilangan berpangkat dua
- Mengenal
arti pangkat dua dari satu bilangan
- Mencari
hasil penarikan perpangakatan akar pangkat dua dari bilangan kuadrat
- Melakukan
operasi penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian bilangan bulat
|
Tugas individu dan kelompok
|
isian
|
·
Arti dari 52….
·
122=….x….=…..
·
502 + 102 =….
·
602:202-102=…..
·
Gunakanlah tanda >,< atau= pada titik
yang telah disediakan..!
·
Halaman sekolah amir berbentuk persegi dengan
sisi 14 m. hitunglah luas halaman sekolah tersebut../
·
Ibu membeli 12 lusin piring dan gelas. Berapa
banyak jumlah piring dan gelas yang akan dibeli ibu..?
·
Sawah pak Karta berbentuk persegi panjang
dengan luas 1024 m2. Berapakah panjang sisi kebun pak karta..?
|
Rubrik Penilaian Karakter
Nama Siswa
|
KARAKTER
|
INDIKATOR
|
KETERANGAN
|
|||
Sempurna
|
Belum sempurna
|
Tidak terlaksana
|
||||
Rasa Ingin Tahu
|
Bertanya tentang materi yang belum
difahami
|
|||||
kerja sama
|
kemampuan
siswa untuk saling bertukar pendapat dan saling membantu dalam memecahkan
masalah
|
|||||
Kreatif
|
Mampu mencari alternatif cara belajar yang
berbeda
|
|||||
Disiplin
|
Tepat waktu mengerjakan soal, masuk
kelas, dan tidak keluar masuk kelas pada saat jam belajar
|
|||||
Menghargai Prestasi
|
Memberikan apresiasi kepada teman yang
mampu menjawab soal dengan baik melalui tepuk apresiasi dan tepuk salut
|
|||||
tanggung jawab
|
mampu
menuntaskan masalah yang dihadapi dengan tanpa keluahan.
|
|||||
Rata-Rata
|
Lembar Penilaian
No
|
Nama Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah Skor
|
Nilai
|
|
Pengetahuan
|
Sikap
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.
|
CATATAN :
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal
) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat
penilaian KKM maka diadakan Remedial.
Jampang, Kalisuren Kamis/ 20/10 /2014
Mengetahui,
Kepala
Sekolah MI NURUL IMAN,
ASEP, S.Pd.I
|
Guru
Kelas,
AHMAD RIZAL KHADAPI
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah : MI Nurul Iman
Mata Pelajaran : MATEMATIKA
Kelas/Semester : V/1
Pertemuan ke : 1-5
Alokasi Waktu :
4 x 35 Menit
Q.
Standar Kompetensi :
3.
Melakukan operasi hitung bilangan bulat dalam pemecahan masalah
R.
Kompetensi
Dasar
1.5 menyelesaikan masalah yang terkait dengan operasi hitung KPK dan FPB
S.
Tujuan
Pembelajaran**
Peserta
didik dapat :
Memecahkan masalah yang
melibatkan akar pangkat
v Karakter siswa yang diharapkan:
Rasa Ingin tahu, Kerja sama, Kreatif, Disiplin, Menghargai Prestasi, Tanggung Jawab,
T.
Materi
Ajar
Perpangkatan dan akar sederhan
Memecahkan
masalah masalah sehari-hari yang melibatkan akar pangkat dua dan bilangan yang
berpangkat dua
U.
Metode
dan Pendekatan Pembelajaran
Demonstrasi, Tanya Jawab, Ceramah, Aktive Learninig, Latihan
V.
Langkah-langkah
Pembelajaran
Pertemua 1
|
Rencana Waktu
|
§ Kegiatan Awal
F
Berdo’a, presensi, apersepsi, Pembiasaan baik peduli lingkungan
F
Memberikan
motivasi dan menjelaskan tujuan pembelajaran
F
Mengajak
siswa bertanya jawab tentang kebaikan-kebaikan yang telah mereka lakukan
F
Mengulang
kembali kesimpulan mencari FPB dan KPK
|
10 Menit
|
& Eksplorasi
Dalam kegiatan
eksplorasi, guru:
menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan operasi hitung, KPK dan
FPB
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
guru:
-
Mendiskusikan
kegunaan FPB dan KPK dalam kehidupan sehari-hari setelah itu melakukan
percobaan dengan alat percobaan (manik-manik, lonceng, dll)
-
Siswa diuji kemampuannya dan keterampilannya
mengerjakan soal-soal latihan
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F
Guru
bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F
Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan
kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan.
§
Kegiatan Penutup
Dalam
kegiatan penutup, guru:
F Mereviewe
kembali mengengai materi yang telah disampaikan, memberikan pekerjaan rumah
dan member tugas membaca materi yang akan dibahas pada pertemuan selanjutnya.
|
30 Menit
|
.
|
W.
Alat/Bahan
dan Sumber Belajar
§ Buku Pelajaran Gemar Matematika 5.
§ Koin logam, manik-manik
dll
§ White board, spidol.
§ Kertas HVS, Karton.
X.
Penilaian
Materi
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Teknik Teknik Penilaian
|
Bentuk instrumen
|
Instrumen
Soal
|
Melakukan operasi hitung bilangan bulat dalam pemecahan masalah
.
|
- Memecahkan
masalah yang melibatkan pangkat
|
Tugas individu dan kelompok
|
isian dan uraian
|
·
Ani
latihan karate 4 hari sekali, adit latihan karate 5 hari sekali pada
hari keberapakah ani dan adit latihan kareate bersama..?
·
Ibu mempunyai lemper 24 buah dan bolu kukus
sebanyak 60 buah yang akan disimpan dalam piring dengan jumlah lemper dan
bolu kukus sama banyak, berapa banyak piring yang harus disediakan oleh ibu
dan berpakah jumlah lemper dan bolu kuku ada pada masing-masing piring..?
·
dst
|
Rubrik Penilaian Karakter
Nama Siswa
|
KARAKTER
|
INDIKATOR
|
KETERANGAN
|
|||
Sempurna
|
Belum sempurna
|
Tidak terlaksana
|
||||
Rasa Ingin Tahu
|
Bertanya tentang materi yang belum
difahami
|
|||||
kerja sama
|
kemampuan
siswa untuk saling bertukar pendapat dan saling membantu dalam memecahkan
masalah
|
|||||
Kreatif
|
Mampu mencari alternatif cara belajar yang
berbeda
|
|||||
Disiplin
|
Tepat waktu mengerjakan soal, masuk
kelas, dan tidak keluar masuk kelas pada saat jam belajar
|
|||||
Menghargai Prestasi
|
Memberikan apresiasi kepada teman yang
mampu menjawab soal dengan baik melalui tepuk apresiasi dan tepuk salut
|
|||||
tanggung jawab
|
mampu
menuntaskan masalah yang dihadapi dengan tanpa keluahan.
|
|||||
Rata-Rata
|
Lembar Penilaian
No
|
Nama Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah Skor
|
Nilai
|
|
Pengetahuan
|
Sikap
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.
|
CATATAN :
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal
) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat
penilaian KKM maka diadakan Remedial.
Jampang, Kalisuren Kamis/25,28 /10 /2014
Mengetahui,
Kepala
Sekolah MI NURUL IMAN,
ASEP, S.Pd.I
|
Guru
Kelas,
AHMAD RIZAL KHADAPI
|
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(RPP)
SATUAN PENDIDIKAN : MIS NURUL IMAN
MATA PELAJARAN :MATEMATIKA
KELAS/SEMESTER :V/I
PERTEMUAN KE :1
ALOKASI WAKTU :2 X 35 Menit
A.
Standar Kompetensi
2. Mengunakan pengukuran waktu,
jarak, dan kecepatan dalam pemecahan masalah
B.
Kompetensi Dasar
2.1 menuliskan
tanda waktu dengan menggunakan notasi 12 jam
C.
Tujuan Pembelajaran
Siswa Dapat
Mengetahui tanda waktu dalam jam
Karakter Yang Diharapkan, Disiplin, Jujur,
Bertanggung Jawab, religius
D.
Materi Ajar
Pengukuran
(Waktu)
E.
Metode dan Strategi Pembelajaran
Diskusi, Demonstrasi, Tanya Jawab,
Ekspositori, Latihan, active
learning, kontekstual learning
F.
Langkah Langkah Pembelajaran
Kegiatan Awal (10 menit)
-
Berdoa, Persensi
-
5 Menit Melakukan Kebaikan
-
Motivasi
-
Apersepsi
-
Membahas masalah jam
-
Membagi
siswa menjadi 2 kelompok, yaitu kelompok Siswa laki-laki dan Kelompok siswa
perempuan.
Kegitan Inti (50 Menit):
-
Eksploasi (20 Menit)
o
Menuliskan tanda waktu dengan menggunakan notasi
12 jam
-
Elaborasi (30 Menit)
o
Membuat gambar jam pada kertas
o
Siswa di uji kemampuannya dengan memberikan soal
berdasarkan arah jarum jam yang ditunjuk oleh guru
o
Membahas satuan waktu
o
Uji kemampuan siswa dengan mengerjakan soal
latihan
o
Membuat poster apirmasi dengan menggunakan
kertas berlatar belakang jam secara berkelompok dan individu
-
Konfirmasi (5 Menit)
o
Menanyakan hal-hal yang belum difahami oleh
siswa
o
Meluruskan kesalahan siswa, dan menyimpulkan
hasil pembelajaran
Kegiatan Penutup (5
Menit)
Memberikan
refleksi, dan meberikan tugas rumah, serta menginformasikan materi yang akan di
pelajari jadwal selanjutnya.
G.
Alat/Bahan dan Sumber Belajar
-
Gemar Matematika 5 untuk SD/Mi Kelas V
-
Pelajaran Matematika 5A
-
Kertas
-
Jam Dinding
-
Papan tulis, Spidol, Penghapus.
-
Gelas
pelastik, karton bekas
H.
Penilaian
Nilai
Budaya dan Karakter
|
Indikator
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Instrumen
|
Soal
|
Disiplin, sikap dan tindakan yang selalu berupaya untuk
melakukan aktifitas secara tepat waktu
|
Menuliskan tanda waktu berdasarkan
notasi 12 Jam
|
Tugas Individu dan kelompok
|
Isian dan
Uraian
|
Tuliskan dalam bentuk Notasi Jam waktu berikut;
04.45 =…?
12.15 =…?
03.55 =…?
06.00 =...?
07.10 =...?
Setiap Pagi Rudi Pergi ke
sekolah MI Nurul Iman pukul 07.30, menempuh perjalanan kaki
selam 30 menit, maka pukul berapakah Rudi sampai disekolah..?
|
Jujur, sikap dan perilaku yang menunjukan kebenaran
antara perbuatan dan ucapan.
|
||||
Bertanggung Jawab , sikap dan prilaku yang menunjukan
tenggang rasa sesama teman, guru, dan lingkungan sekolah.
|
||||
Religius, sikap memahami dan mengetahui
keajiban-kewajiban agama yang wajib dilaksanakan
|
||||
I.
Format Kriteria Penilaian
a.
Produk (Hasil Karya )
No
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1
|
Konsep
|
-
Semua benar
-
Sebagian besar benar
-
Sebagian kecil benar
-
Semua salah
|
4
3
2
1
|
b.
Performansi (Penampilan)
No
|
Aspek
|
Criteria
|
Skor
|
1
2
|
Pengetahuan
Sikap
|
-
Tahu dan faham
-
Tahu tapi tidak faham
-
Tidak tahu dan tidak faham
-
Sopan dan taat
-
Sopan
-
Tidak sopan dan tidak taat
|
4
2
1
4
2
1
|
c.
Lembar penilaian
No
|
Nama siswa
|
Performansi
|
Produk
|
Jumlah skor
|
Nilai
|
||
Pengetahuan
|
Sikap
|
||||||
1
|
|||||||
2
|
|||||||
3
|
|||||||
4
|
|||||||
5
|
|||||||
6
|
|||||||
7
|
Catatan :
Nilai = (jumlah skor : jumlah
skor maksimal ) x 10
Siswa yang belum terpenuhi syarat
KKMnya maka akan diadakan remedial.
Mengetahui,
Kepala
Sekolah MI NURUL IMAN,
ASEP, S.Pd.I
|
Jampang, Kalisuren, Kamis/30 /10 /2014
Guru
Kelas,
AHMAD RIZAL KHADAPI
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah : MI Nurul Iman
Mata Pelajaran : MATEMATIKA
Kelas/Semester : V/1
Pertemuan ke : 3
Alokasi Waktu :
2 x 35 Menit
Y.
Standar Kompetensi :
2. menggunakan pengukuran waktu, jarak, dan kecepatan dalam pemcahan masalah
Z.
Kompetensi
Dasar
2.2 melakukan operasi hitung satuan waktu
Å.
Tujuan
Pembelajaran**
Peserta
didik dapat :
-
Melakukan operasi hitung satuan
waktu
-
Menyelesaikan masalah berkaitan
dengan waktu
v Karakter siswa yang diharapkan:
Rasa Ingin tahu, Mandiri, Kerja keras, Kreatif,Disiplin, Menghargai Prestasi
Ä.
Materi
Ajar
Pengukuran sudut Pada Jam
Ö.
Metode
dan Pendekatan Pembelajaran
Demonstrasi, Tanya Jawab, Ceramah, Latihan,
AA.
Langkah-langkah
Pembelajaran
Pertemua 1
|
Rencana Waktu
|
§ Kegiatan Awal
F
Berdo’a, presensi, apersepsi, Pembiasaan baik peduli lingkungan
F
Memberikan
motivasi dan menjelaskan tujuan pembelajaran
F
Mengajak
siswa bertanya jawab tentang kegiatan keseharian mereka.
|
10 Menit
|
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi,
guru:
Menjelaskan cara mengukur
sudut dengan menggunakan busur drajat, mendiskuskan jenis-jenis sudut dan
menentukan beberapa sudut acuan untuk menaksir besar sudut.
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
guru:
-
Mendiskusikan
cara mencari besar sudut pada jam dengan menggunakan jam yang telah ada,
sampai diperoleh kesimpulan, setelah itu siswa di uji kemampuannya
mengerjakan soal-soal yang diberikan.
-
Memfasilitasi
siswa mengerjakan soal-soal latihan.
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F
Guru
bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F
Guru
memberikan postes atas materi-materi yang belum difahami siswa
§
Kegiatan Penutup
Dalam
kegiatan penutup, guru:
F
Siswa
dan guru bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari
F
Siswa
dan guru membuat kesimpulan materi yang telah dipelajari.
F
Tugas dan Pekerjaan Rumah
(menentukan besar sudut-sudut )
F
Siswa
dan guru penutup pelajaran.
|
30 Menit
20 menit
10 Menit
|
.
|
BB.
Alat/Bahan
dan Sumber Belajar
§ Buku Pelajaran Gemar Matematika 5.
§ Alat Praga Busur Drajat
§ Busur Drajat
CC.
Penilaian
Materi
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Teknik Teknik Penilaian
|
Bentuk instrumen
|
Instrumen
Soal
|
||||||||||||||||||||||||||
Pengukuran sudut
.
|
- Siswa mampu menyebutkan jenis-jenis
sudut, berdasarkan besar sudutnya
- Siswa mampu mengukur sudut – sudut berdasarkan waktu pada jam.
|
Tugas dan latihan
|
Fretest dan
postes
|
1.
Sebutkan
3 jenis sudut
2.
Tentukan
besar sudut berikut :
a.
b.
c.
d.
|
Rubrik Penilaian Karakter
Nama Siswa
|
KARAKTER
|
INDIKATOR
|
KETERANGAN
|
||
Sempurna
|
Belum sempurna
|
Tidak terlaksana
|
|||
Rasa Ingin Tahu
|
Bertanya tentang materi yang belum
difahami
|
||||
Mandiri
|
Mengerjakan soal dengan sendiri
|
||||
Kerja keras
|
Mampu menjawab soal secara benar dan
tidak mengeluh dengan waktu
|
||||
Kreatif
|
Mampu mencari alternatif cara belajar yang
berbeda
|
||||
Disiplin
|
Tepat waktu mengerjakan soal, masuk
kelas, dan tidak keluar masuk kelas pada saat jam belajar
|
||||
Menghargai Prestasi
|
Memberikan apresiasi kepada teman yang
mampu menjawab soal dengan baik melalui tepuk apresiasi dan tepuk salut
|
||||
Rata-Rata
|
Lembar Penilaian
No
|
Nama Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah Skor
|
Nilai
|
|
Pengetahuan
|
Sikap
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.
|
CATATAN :
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal
) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat
penilaian KKM maka diadakan Remedial.
Jampang, Kalisuren Kamis/ 6/11
/2014
Mengetahui,
Kepala
Sekolah MI NURUL IMAN,
ASEP, S.Pd.I
|
Guru
Kelas,
AHMAD RIZAL KHADAPI
|
IPA
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah : MI Nurul Iman
Mata Pelajaran : Ilmu
Pengetahuan Alam
Kelas/Semester : V/1
Materi Pokok : Tmbuhan Hijau
Alokasi Waktu :
4 x 45 Menit ( 2 x Pertemuan)
DD.
Standar Kompetensi :
2.Memahami cara tumbuhan hijau membuat makanan
EE.
Kompetensi
Dasar
2.1 Mengidentifikasi cara tumbuhan hiaju membuat makanan
FF.Tujuan Pembelajaran**
Peserta
didik dapat :
§ Mengetahui proses
pembuatan makanan pada tumbuhan melalui foto sintesis
§ Mengetahui bahan-bahan
yang diperlukan tumbuhan untuk membuat
makanan
-
Air ; diperoleh melalui akar
-
Karbon dioksida ; masuk dari udara melalui stomata dan lentisel
-
Cahaya Matahari; diserap oleh
krofil
§ Mengetahui
hasil fotosintesis berupa
-
Karbohidrat
-
Oksigen
§ Mengetahui tempat menyimpan makanan cadangan pada tumbuhan dan memberikan
contohnya;
-
Didalam buah
-
Didalam biji
-
Didalam batang
v
Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline ),
Perhatian (Care),
Tekun ( Diligence ) dan Tanggung Jawab
( Responsibility ), Kerja Keras, Peduli Lingkungan.
GG.
Materi
Ajar
Pembuatan Makanan pada tumbuhan hijau
-
Proses tumbuhan hijau membuat makanan
-
Tempat menyimpan cadangan makanan pada tumbuhan
HH.
Metode
dan Pendekatan Pembelajaran
§
Demonstrasi, Diskusi, Tanya jawab, Ceramah.
§
Pendekatan
kontekstual.
§
Pendekatan
Aktive
Learning.
II.
Langkah-langkah
Pembelajaran
Pertemua 1
|
Rencana Waktu
|
§ Kegiatan Awal
F
Berdo’a, presensi, apersepsi, Pembiasaan baik peduli lingkungan
F
Memberikan
motivasi dan menjelaskan tujuan pembelajaran
F
Mengajak
siswa bertanya jawab tentang kegiatan keseharian mereka.
F
Membagi
peserta didik menjadi 3 kelompok (Akar, Batang, Daun)
|
10 Menit
|
& Eksplorasi
Dalam kegiatan
eksplorasi, guru:
F
Mengajak
siswa bertanya jawab tentang materi tumbuhan hijau.
F
Dilanjutkan
dengan bertanya jawab tentang nama dan jenis bagian2 tumbuhan
F
Siswa
melakukan pengamatan Awal terhadap bagian-bagian tumbuhan
F
Siswa diberikan kesempatan untuk menyampaikan hasil pengamatan mereka
kedepan kelas (tertulis)
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
guru:
F
Memfasilitasi
peserta didik untuk mencari tahu cara tumbuhan hijau membuat makanan.
F
Memfasilitasi
peserta didik untuk mencari tahu bagaimana tumbuhan hijau menyimpan makanannya.
F
Memfasilitasi
peserta didik untuk menyampaikan hasil belajar secara kelompok terkait dengan
tumbuhan sebagai sebagai penghasil sumber makanan.
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F
Guru
bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F
Guru
bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan
penguatan dan penyimpulan
§
Kegiatan Penutup
Dalam
kegiatan penutup, guru:
F
Siswa
dan guru bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari
F
Siswa
dan guru membuat kesimpulan materi yang telah dipelajari.
F
Siswa
dan guru berdoa.
|
30 Menit
30 menit
10 Menit
10 Menit
|
Tugas dan Pekerjaan Rumah.
|
Mencari Jenis2 makanan hijau
( Singkong, Apel, bayam, Kacang kedelai, Kentang)
|
Pertemuan Ke-2
|
|
§ Kegiatan Awal
F
Berdo’a, presensi, apersepsi, Pembiasaan baik peduli lingkungan
F
Memberikan
motivasi dan menjelaskan tujuan pembelajaran
F
Mengajak
siswa bertanya jawab tentang kegiatan keseharian mereka.
F
Mengumpulkan
tugas yang telah diberikan pada hari sebelumnya.
|
10 Menit
|
& Eksplorasi
Dalam kegiatan
eksplorasi, guru:
F
Mengajak
siswa bertanya jawab tentang tumbuhan sebagai penghasil sumber makanan.
F
Melibatkan
peserta didik secara aktif dalam kegiatan pembelajaran melalui strategi (PAIKEM)
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
guru:
F
Memfasilitasi
siswa untuk dapat mengetahui beberapa tumbuhan sebagai sumber makanan
F
Berdiskusi
mengenai perntingnya menkonsumsi tumbuhan hijau
F
Memfasilitasi
siswa untuk dapat mengetahui beberapa bagian tumbuhan yang dapat dimakan.
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F
Guru
bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F
Guru
bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan
penguatan dan penyimpulan
§
Kegiatan Penutup
Dalam
kegiatan penutup, guru:
F
Siswa
dan guru bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari selama pertemua.
F
Siswa
dan guru membuat kesimpulan materi yang telah dipelajari.
F Siswa dan guru berdoa.
|
30 menit
30 Menit
30 Menit
10 Menit
|
Tugas pembiasaan baik
|
Membersihkan lingkungan sekolah dari sampah
yang berserakan.
|
JJ.
Alat/Bahan
dan Sumber Belajar
§ Buku Pelajaran Senang Belajar Ilmu Pengetahuan Alam Kelas 5.
§ Kertas Lipat
§ Karton Bekas Sebagai Alat Praga
§ Tumbuhan Hijau
KK.
Penilaian
Nilai Budaya dan Karakter
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Teknik Teknik Penilaian
|
Bentuk instrumen
|
Instrumen
Soal
|
Disiplin ; Prilaku yang menunjukan ketepatan dalam melakukan perbuatan sesuai
dengan rencana dan waktu
|
Menjelaskan
tumbuhan hijau membuat makanannya sendiri.
|
Tugas
|
Laporan dan
Unjuk kerja
|
Jelaskan
proses tumbuhan hijau membuat makanannya..?
Sebutkan
tempat tumbuhan menyimpan makanan..?
Sebutkan
jenis-jenis tumbuhan yang menghasilkan makanan..?
|
Kerja Keras : prilaku yang menunjukan
pantang menyerah dalam menghadapi tantangan
|
Menunjukan jenis2 tumbuhan yang dapat
dikonsumsi dengan baik
|
Uraian
obyektif
|
||
Peduli Lingkungan ; prilaku yang menunjukan
keaktifan dalam membersihkan lingkungan sekitar baik disekolah ataupun
dirumah
|
||||
Tekun : prilaku yang menunjukan rasa suka
dalam belajar dan suka dalam menghadapi tantangan
|
||||
Perhatian : prilaku yang menunjukan
kepedulian terhadap teman dan kerabat serta saudara.
|
||||
Format Kriteria Penilaian
& Produk ( hasil diskusi )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
*
semua benar
*
sebagian besar benar
*
sebagian kecil benar
* semua salah
|
4
3
2
1
|
& Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
|
Pengetahuan
Sikap
|
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan
* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
|
4
2
1
4
2
1
|
Lembar Penilaian
No
|
Nama Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah Skor
|
Nilai
|
|
Pengetahuan
|
Sikap
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.
|
CATATAN :
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal
) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat
penilaian KKM maka diadakan Remedial.
Mengetahui,
Kepala
Sekolah MI NURUL IMAN,
ASEP, S.Pd.I
|
Jampang, Kalisuren_______/ /
/2014
Guru
Kelas,
AHMAD RIZAL KHADAPI
|
Komentar
Posting Komentar
Silahkan tulis komentar, ataupun opini anda pada kolom ini. Terimakasih