RANCANGAN LAPORAN MAGANG

LAPORAN MAGANG
SGI ANGKATAN VII






NAMA:

AHMAD RIZAL KHADAPI




SEKOLAH MENGAJAR


MADRASAH IBTIDAIYAH (MI) NURUL IMAN




















SEKOLAH GURU INDONESIA
Awaken the teacher within



LAPORAN OBSERVASI KELAS 1

Tanggal/bulan/tahun:10/10/2014

No
Refleksi







































NAMA GURU

INTERAKSI GURU DAN SISWA
INTERAKSI SISWA DENGAN SISWA
INTERAKSI ANTARA SISWA DAN MEDIA PEMBELAJARAN
MEGA MARLINA
1.      interaksi antara siswa dengan guru berjalan dengan cukup baik, pada sat pembelajaran sedang berlangsung Ibu Mega mendekati siwa yang tidak memperhatikan penjelasannya
2.      metode pembelajaran yang digunakan adalah ceramah dan demonstrasi
3.      manajemen kelas berjalan dengan baik, walaupun beberapa siswa diketahui tidak memperhatikan, ada yang bermain2, ada yang berlari-larian dll.
interaksi siswa yang terlihat adalah para siswa aktif dalam melakukan komunikasi bermain dengan teman-temannya yang lain, tapi dalam sisi pembelajaran belum terlihat kerjasama siswa dengan siswa
dalam hal ini diketahui tidak ada media pembelajaran lain yang digunakan oleh guru, sehingga interaksi siswa dengan media pembelajaran hanya tertuju oleh apa yang dikatakan guru.
LAPORAN OBSERVASI KELAS 2

Tanggal/bulan/tahun: jumat 10 oktober 2014

No
Refleksi








































NAMA GURU
INTERAKSI GURU DENGAN SISWA
INTERAKSI SISWA DENGAN SISWA
INTERAKSI SISWA DENGAN MEDIA PEMBELAJARAN
PAK DAYAT (WALI KELAS II)
1.      Berdasarkan hasil pengamatan selama kurang 25 menit, dapat diketahui bahwa interaksi yang terjadi antara guru dengan siswa tidak terlalu care (peduli). Dalam arti bahwa guru membiarkan siswanya keluar masuk kelas tanpa izin.
2.      Metode pembelajaran yang digunakan yaitu ceramah
3.      Interaksi yang terjadi guru dan siswa terbatas pada proses transfer ilmu.
1.      Dapat diketahui juga bahwa interaksi antara siswa dengan siswa terjadi dalam hal bermain dikelas yang sifatnya bukan pembelajaran.
2.      Juga dapat dilihat bahwa suasana pembelajaran kelas tak begitu kondusif, karena 3 orang siswa laki-laki naik diatas bangkunya untuk bermain-main. Dan siswa perempuan ada yang berteriak2.
diketahui juga bahwa tidak terdapat media pembelajaran yang digunakan oleh pak Dayat. Sehingga interaksi antara siswa dengan media pembelajaran tidak terjadi

Refleksi:

Dari hal diatas, dapat disimpulkan bahwa proses KBM pada kelas II yang diampu pak Dayat, diketahui hanya bersfiat proses transfer  ilmu, tidak terlihat pendidikan berbasis pengembangan karakter siswa.
LAPORAN OBSERVASI KELAS 3

Tanggal/bulan/tahun:  oktober 2014

No
Refleksi








































NAMA GURU
INTERAKSI ANTARA GURU DAN SISWA
INTERAKSI ANTARA SISWA DAN SISWA
INTERAKSI ANTARA SISWA DAN MEDIA PEMBELAJARAN
Siti Subaeha
beberapa hal yang menjadi catatan al:
1.      Dalam menerapkan manajemen kelas dan siswa beliau sudah berusaha keliing untuk mengecek kondisi siswanya di dalam kelas.
2.      Lupa memberikan apersepsi
3.      Adaklanya tidak memberikan apersepsi pada siswa yang sudah sedikit lebih bisa.
4.      Manajement kelas masih kuran kondusif
dari hasil pengamtan dapat diketahui bahwa;
1.      Tidak terjadi interaksi yang bersifat pembelajaran  antara siswa yang satu dengan siswa yang lain baik secara individu ataupun kelompok
2.      Selama pembelajaran dikelas, siswa hanya diminta maju satu persatu untuk menghafal dan mencatat  isi buku paket ke buku masing-masing
dari hasil pengamatan yang dilakukan dapat diketahui:
1.      Tidak ada media yang digunakan, jadi gurunya hanya menggunakan buku paket sebagai satu-satunya sumber belajar
2.      Tidak menggunakan metode/strategi yang inovatif, sehingga kelas sangat monoton

dari apa yang di paparkan diatas, maka dapat diambil simpulan bahwa;
1.      Belum ada medi pembelajaran yang inovatif
2.      Manajemen kelas masih bersifat ketertiban kelas
3.      Dan jalannya pembelajaran sangat monoton. Belum ada pembelajaran berbasis Fun Learning.


LAPORAN OBSERVASI KELAS 4

Tanggal/bulan/tahun:

No
Refleksi







































NAMA GURU

INTERAKSI GURU DAN SISWA
INTERAKSI SISWA DENGAN SISWA
INTERAKSI ANTARA SISWA DAN MEDIA PEMBELAJARAN
ROSIDAH
Interaksi siswa dengan guru baik. Guru menerapkan metode tanya jawab yang membuat siswa terlibat dalam pelajaran

Interaksi siswa dengan siswa kurang baik. Pada saat pembelajaran guru menerapkan metode ceramah sampai akhir. Sehingga interaksi siswa dengan siswa sebagian besar ke arah yang kurang produktif.
Tidak ada media yang digunakan dalam pembelajaran.



Catatan Refleksi :
Berdasarkan hasil observai kelas, dapat disimpulkan bahwa :
1.      Interaksi guru dengan siswa hanya sebatas tanya jawab, tidak ada variasi yang lain
2.      Penggunaan metode ceramah dari awal hingga akhir pembelajaran menyebabkan siswa menjadi bosan dan berujung pada komunikasi antar siswa yang tidak produktif
3.      Tidak menggunakan media pembelajaran, hanya ceramah saja sambil diselingi tanya jawab hingga akhir pelajaran, sehingga ke depannya guru diharapkan dapat membuat media pembelajaran atau menambahkan metode belajar yang lain agar siswa bisa terlib


LAPORAN OBSERVASI KELAS 5

Tanggal/bulan/tahun:  13 Oktober 2014

No
Refleksi


































NAMA GURU

INTERAKSI GURU DAN SISWA
INTERAKSI SISWA DENGAN SISWA
INTERAKSI ANTARA SISWA DAN MEDIA PEMBELAJARAN
ASEP, S.Pd.I
1.      interaksi antara siswa dengan guru berjalan dengan cukup baik, pada awal pembelajaran guru
2.      metode pembelajaran yang digunakan adalah ceramah dan tanya jawab
3.      manajemen kelas berjalan dengan baik, anak-anak duduk tertib mendengarkan karena guru nya tegas dan memiliki wibawa
Ada interaksi siswa dengan siswa lainnya lewat pembagian kelompok saat pelajaran berlangsung
dalam hal ini guru menggunakan media yang konvensional yakni papan tulis sebagai media. Interaksi antara media dan siswa tidak komunikatif. Siswa hanya diminta membaca bersama-sama lalu bergantian memmbaca apa yang tertulis di apapan tulis hingga akhir pelajaran.


Catatan Refleksi :
Dari hasil observasi dapat disimpulkan bahwa
1.      Pembelajaran berjalan seperti biasa tidak menggunakan media yang mengaktifkan siswa
2.      Pelaksanaan pembelajaran sudah bagus berdasarkan pembagian kelompok pada siswa sehingga komunikasi antar siswa bisa terjadi secara efektif

Saran : Kedepannya guru diharapkan mampu menggabungkan beberapa metode pembelajaran yang bervariasi agar terjadi pembelajaran yang PAIKEM.



LAPORAN OBSERVASI KELAS 6

Tanggal/bulan/tahun:  10 Oktober 2014

No
Refleksi
1.






































NAMA GURU

INTERAKSI GURU DAN SISWA
INTERAKSI SISWA DENGAN SISWA
INTERAKSI ANTARA SISWA DAN MEDIA PEMBELAJARAN
ASEP, S.Pd.I
4.      interaksi antara siswa dengan guru berjalan dengan cukup baik, pada awal pembelajaran guru
5.      metode pembelajaran yang digunakan adalah ceramah dan tanya jawab
6.      manajemen kelas berjalan dengan baik, anak-anak duduk tertib mendengarkan karena guru nya tegas dan memiliki wibawa
Tidak terlihat interaksi siswa dengan siswa karena guru memang tidak menggunakan metode apapun keculai ceramah dan tanya jawab. Tapi kelas tetap kondusif selama pelajaran berlangsung
dalam hal ini guru menggunakan media yang konvensional yakni papan tulis sebagai media. Interaksi antara media dan siswa tidak komunikatif. Siswa hanya diminta membaca bersama-sama lalu bergantian memmbaca apa yang tertulis di apapan tulis hingga akhir pelajaran.



Catatan Refleksi :
Dari hasil observasi dapat disimpulkan bahwa
1.      Guru masih menggunakan model pembelajaran yang konvensional
2.      Manajemen kelas sudah bagus tetapi perlu diperbaiki supaya siswa dapat terlibat aktif dalam pembelajaran
3.      Inovasi pembelajaran perlu dikembangkan agar siswa dapat belajar menemukan sendiri konsep-konsep materi yang disampaikan.
LAPORAN OBSERVASI 1

Tanggal/bulan/tahun:  

No
Refleksi











































LAPORAN OBSERVASI 2

Tanggal/bulan/tahun: ___________________

No
Refleksi








































LAPORAN OBSERVASI 3

Tanggal/bulan/tahun: ___________________

No
Refleksi








































LAPORAN DISKUSI, SHARING DAN SEJENISNYA

Tanggal/Bulan/Tahun:  SENIN 22 SEPTEMBER 2014

No
PesertaTerlibat
Deskripsi Materi
Kesimpulan

1






































 PAK ASEP (KEPALA SEKOLAH) DAN SAYA

PEMBICARAAN SEPUTAR SEKOLAH (MI NURUL IMAN) TERKAIT DENGAN KEBERADAAN GURU, KURIKULUM YANG DIGUNAKAN, DAN LATARA BELAKANG SISWA-SISWI YANG SEKOLAH DISANA.

JUGA PEMBICARAAN TERKAIT DENGAN LATAR BELAKANG ADANYA MI NURUL IMAN, DAN SEJARAH BERDIRINYA MI NURUL IMAN.



BAHWA MI NURUL IMAN
1.      MASIH KEKURANGAN GURU DALAM PROSES KBM
2.      MASIH KEKURANGAN RUANG KELAS UNTUK KEGIATAN KBM
3.      BELUM MENERAPKAN KURIKULUM 2013, KARENA TERKDENDALA BUKU DAN GURU YANG BELUM TERLATIH.
LAPORAN DISKUSI, SHARING DAN SEJENISNYA

Tanggal/Bulan/Tahun:  RABU 23 SEPTEMBER 2014

No
PesertaTerlibat
DeskripsiMateri
Kesimpulan

1






































PAK ROSYID  (WALI KELAS V) DAN PAK ASEP (KEPALA SEKOLAH) DAN SAYA

1.      BERKAITAN DENGAN PROSES PEMBELAJARAN DIKELAS V, DAN PEMBAGIAN KELAS MAGANG.
2.      JUGA DIBICARAKAN TENTANG KEPERGIAN PAK ROSYID SELAMA 1 MINGGU KE BANDUNG DALAM RANGKA SERTIFIKASI DARI TANGGAL 25 SEPTEMBER-1 OKTOBER 2013.
3.      SEHINGGA DALAM HAL INI SAYA MENGGANTIKAN PAK ROSYID MENGAJAR BEBERAPA MATA PELAJARAN YANG BELIAU PEGANG.


SELAMA PROSES MAGANG, SAYA DITEMPATKAN DI KELAS V, DAN SELAMA PAK ROSYID PERGI SAYA MENGAMPU SEMUA MATA PELAJARAN YANG DIPEGANG OLEH BELIAU, KECUALI BHS INGGRIS, IPS, DAN MATA PELAJARAN BHS ARAB.
LAPORAN DISKUSI, SHARING DAN SEJENISNYA

Tanggal/Bulan/Tahun: SABTU 27 SEPTEMBER 2014

No
PesertaTerlibat
DeskripsiMateri
Kesimpulan

1.






































SAYA DAN PAK KHOIR

PEMBICARAAN TERKAIT DENGAN AGENDA MID SEMESTER PADA TANGA 29 SEPTEMBER – JUMAT 3 0KTOBER 2014

SELAMA PELAKSANAAN MID SEMESTER DARI TANGGAL 29 SEPT-3 OKT. 2014 KAMI MENJADI TIM PENGAWAS.
LAPORAN DISKUSI, SHARING DAN SEJENISNYA

Tanggal/Bulan/Tahun: _________________________

No
PesertaTerlibat
DeskripsiMateri
Kesimpulan

1






































SAYA DAN PAK ROSYID

PEMBICARAAN SEPUTAR MATA PELAJARAN YANG AKAN SAYA AMPU SELAMA MASA MAGANG, YAITU MATEMATIKA, BAHASA INDONESIA, DAN IPA

SAYA DIBERIKAN TUGAS UNTUK MENGAMPU MATA PELAJARAN IPA, BAHASA INDONESIA, DAN MATEMATIKA
LAPORAN DISKUSI, SHARING DAN SEJENISNYA

Tanggal/Bulan/Tahun:  Rabu 1 Oktober 2014 Pukul 11.00

No
PesertaTerlibat
DeskripsiMateri
Kesimpulan

1






































Ibu Ayang (orang tua siswa) dan 14 orang siswa perempuan kelas V, serta kami guru magang SGI (AHMAD RIZAL KHADAPI, DENA FADILAH, MARIA ULFAH)

1.      KEGIATAN DILAKUKAN DENGAN DESKRIPSI KUNJUNGAN KERUMAH ORANG TUA SISWA, SEKALIGUS DALAM RANGKA MENJENGUK SISWA YANG BERNAMA “AYANG” YANG MENGALAMI SAKIT PADA BAGIAN PERUT SELAMA KURANG LEBIH 1 BULAN, DAN TAK DAPAT MENGIKUTI UJIAN TENGAH SEMESTER.
2.      DARI KETERANGAN ORANG TUA SISWA (IBUNYA AYANG) DAPAT DIKETAHUI BAHWA AYANG ADALAH SISWA KELAS V YANG TIDAK DAPAT MASUK SEKOLAH DIKARENAKAN MENDERITA USUS BUNTU DAN BARU SELESAI DIOPERASI
3.      KONDISI KELUARGANYA BERADA PADA GARIS KEMISKINAN, HAL INI BERDASARKAN BUKTI FISIK RUMAH ORANG TUANYA YANG TERBILANG LAYAK HUNI.


BAWHA ADA SISWA KELAS V SD YANG MENDERITA PENYAKIT USUS BUNTU SEHINGGA TAK DAPAT MENGIKUTI PEMBELAJARAN DAN JUGA TAK DAPAT MENGIKUTI MID.
LAPORAN DISKUSI, SHARING DAN SEJENISNYA

Tanggal/Bulan/Tahun: _________________________

No
PesertaTerlibat
DeskripsiMateri
Kesimpulan










































LAPORAN DISKUSI, SHARING DAN SEJENISNYA

Tanggal/Bulan/Tahun: _________________________

No
PesertaTerlibat
DeskripsiMateri
Kesimpulan










































LAPORAN DISKUSI, SHARING DAN SEJENISNYA

Tanggal/Bulan/Tahun: _________________________

No
PesertaTerlibat
DeskripsiMateri
Kesimpulan










































LAPORAN DISKUSI, SHARING DAN SEJENISNYA

Tanggal/Bulan/Tahun: _________________________

No
PesertaTerlibat
DeskripsiMateri
Kesimpulan










































LAPORAN DISKUSI, SHARING DAN SEJENISNYA

Tanggal/Bulan/Tahun: _________________________

No
PesertaTerlibat
DeskripsiMateri
Kesimpulan










































LAPORAN DISKUSI, SHARING DAN SEJENISNYA

Tanggal/Bulan/Tahun: _________________________

No
PesertaTerlibat
DeskripsiMateri
Kesimpulan










































LAPORAN DISKUSI, SHARING DAN SEJENISNYA

Tanggal/Bulan/Tahun: _________________________

No
PesertaTerlibat
DeskripsiMateri
Kesimpulan










































LAPORAN DISKUSI, SHARING DAN SEJENISNYA

Tanggal/Bulan/Tahun: _________________________

No
PesertaTerlibat
DeskripsiMateri
Kesimpulan










































Laporan Training

NamaSekolah : MADARASAH IBTIDAIYAH (MI) NURUL IMAN
NamaTrainer  : MARIA ULFAH

Peserta yang terlibat
Refleksi
Materi Training
Waktu, Tempat Training dilaksanakan
GURU SEKOLAH MI NURUL  IMAN
1.      KEPALA SEKOLAH (ASEP SPdi)
2.      ROSYID SPD (WALI KELAS V)
3.      IBU MEGA  (WALI KELAS I)
4.      PAK DAYAT (WALI KELAS II)
5.      IBU
6.      IBU ROSYIDA ( WALI KELAS IV)
7.      IBU SITI SUBAEHA (WALI KELAS III)
8.      PAK KHOIR (GURU OLAH RAGA)

 MATERI TRAINING YANG DISAMPAIKAN TENTANG QUANTUM TEACHING;
BEBERAPA HAL YANG JADI REFLEKSI:
1.      Dari materi yang disampaikan belum semua guru dapat memahami, hal ini didasarkan pada hasil penilain ketika mereka melaksanakan “micro teaching menggunakan quantum teaching
2.      Guru-guru di MI Nurul Iman umumnya telah banyak mendapatkan pelatihan, tapi jarang diperaktikan dikelas / di sekolah.
3.      Dari 3 guru yang mempraktikan tentang quantum teaching {yakni  Ibu Mega, Pak Asep (kepala sekolah), dan Ibu Siti Subaeha (wali Kelas 3)}, diketahui mereka benar-benar tidak memahami cara memperaktikan quantum taching, dan masih malu dalam melakukan micro teaching.
TEMPAT PELAKSANAAN DI RUANG KELAS VI, MI NURUL  IMAN












Lampiran
PROPOSAL PTK









































PROPOSAL
 PENELITIAN TINDAKAN KELAS (PTK)










































DISPLAY

Lampiran RPP Display


















Gambar Display


Foto1878.jpg
 
 





















Laporan Pembiasaan


Laporan Kunjungan ke Orang Tua


Laporan Lesson Study


Di MI Nurul Iman



Kelompok :

1.      Maria Ulfah

2.      Ahmad Rizal Khadapi

3.      Dena fadilah

Materi :

Membaca Berita

Guru model   : Maria Ulfah

Observer        :
1.         Dena Fadilah
2.         Ahmad Rizal khadapi

 Mata Pelajaran         : Bahasa Indonesia

Waktu                                    : 09.00-11.00

Tanggal                      : 24 Oktober 2014


Refleksi hasil lesson studi dari para observer :

                      
INTERAKSI SISWA GURU
INTERAKSI ANTARA SISWA DENGAN SISWA
INTERAKSI SISWA DENGAN MEDIA PEMBELAJARAN
KETERANGAN TAMBAHAN DAN SARAN

beberapa hal yang menjadi hasil pengamatan interaksi siswa dengan guru
interaksi berjalan dengan baik, sebagaimana yang terjadi siswa mampu menjawab dengan atraktif dan aktif pertanyaan dari guru secara lisan

interaksi antara siswa dengan siswa sudah berjalan dengan baik,  karena proses pembelajaran menggungakan metode pengelompokan siswa

dalam hal ini interaksi antara siswa dengan media pembelajaran juga sudah aktif, karena masing – masing kelompok diberikan satu media pembelajaran yang mengharuskan mereka untuk mampu mengamati.

Yang harus diperbaiki di kegiatan inti :

1.      Mengaitkan materi dengan pengetahuan lain yang relevan

2.      Penguasaan kelas

3.      Melaksanakan pembelajaran yang memungkinkan tumbuhnya kebiasaan positif

4.      Penggunaan media yang efektif dan efisien

5.      Merespon positif partisipasi siswa

6.      Memfasilitasi terjadinya interaksi siswa, guru, dan sumber belajar

7.      Menunjukkan respon terbuka terhadap siswa

8.      Memantau kemajuan belajar siswa
Yang harus diperbaiki di RPP :

1.      Keseuian materi ajar dan cara penyampaiannya dengan karakter siswa

2.      Keruntutan materi dan alokasi waktu

3.      Kesesuaian strategi dan metode pembelajaran dengan karakter peserta didik

4.      Kesesuaian penerapan strategi pembelajaran dengan alokasi waktu

5.      Kesesuaian teknik penilaian dengan kompetensi

6.      Kejelasan prosedur penilaian




masih terdapat siswa yang bermain-main (tidak memperhatikan) pada saat guru sedang memberikan arahan


dalam hal pembagian kelompok guru, lupa memberikan anam pada kelompok2 yang ada.

dalam kontek pembukaan pembelajaran, sudah berjalan dengan baik mulai dari salam, paersepsi, dan ice breaking

dalam pelaksanaan pembelajaran guru masih lebih dominan daripada siswa.

manajemen kelas sudah bisa berlangsung dengan baik










                                                                                         
                                                                                   

Tulisan Best Practice Model Pembelajaran

AKU INGIN MENGANTARMU LEBIH JAUH


”tidak ada anak yang bodoh, yang ada hanya anak yang tidak mendapat kesempatan belajar dari guru yang baik dan metode yang benar.”
“Guru yang baik adalah guru yang bisa menginspirasi para muridnya, guru yang baik adalah guru yang bisa mengajarkan muridnya dengan mudah, ceria dan senang
(Prof. Y. Surya)
               
                Biasanya aktifitas yang kami lakukan sama saja, tidak ada yang berubah. Hari-hai berjalan seperti biasanya. Mengawali langkah kaki dari tempat tinggal (asrama), berjalan sejauh 1 Km, hingga menembus batas keterbatasan, adalah hal yang selalu menjadi rutinitas. Semua berjalan tanpa kendala. Nyaris aktivitas tersebut membuat saya mengepalkan tangan untuk mengatakan, saya ingin sesuatu yang baru.
                Ternyata selama ini saya tak pernah menyadari, bahwa ada seseorang yang membutuhkan sesuatu yang baru dalam hidupnya. Saya  tak pernah berfikir luar biasa tentang dirinya, pun juga hari-hari bertemu dengannya seperti hari yang biasa saja. Padahal sejatinya ia sangat membutuhkan perhatian khusus.
                Terus terang hal ini membuat saya merasa menyesal, karena keterlambatan menyadari ketidak sadaran tersebut. Semestinya sedari awal saya melakukan perhatian khusus padanya. Tapi baru beberapa hari ini saya benar-benar memperhatikannya.
                Sebagai seorang “guru” tak seharusnya keterlembatan ini saya alami. Sekali lagi saya baru tersadarkan, bahwa ada seseorang yang membutuhkan perhatian khusus dari saya. Memang penyesalan di akhir tidaklah berguna, tapi lebih baik terlambat daripada tidak sama sekali.
                Prinsip itulah yang saya pegang saat ini. Saat-saat dimana saya mulai memberikan perhatian dan bimbingan khusus padanya. Memang, setiap hari saya melihat ada masalah pada dirinya, tapi setiap hari juga saya tak pernah tersadarkan untuk menyelesaikan masalahnya.
                Tapi beberapa hari yang lalu, setelah memberikan dia “tugas tambahan” sebagai sanksi, karena dia sering mengganggu teman-temannya di kelas. Saat itu saya baru tersadar bahwa ada bakat khusus yang dia miliki dan harus dibimbing lebih dalam lagi.
                Walaupun dalam sisi akademik saya sadar dia begitu terlambat untuk menerima pelajaran daripada teman-temannya. Serpti dalam hal menulis, membaca, dan menyelesaikan tugas matematika. Selalu saja dia yang terlambat, atau bahkan tak sama sekali mengerjakan tugas.
                Namanya M. Zaelani biasa dipanggil Enjen, siswa kelas V di sekolah tempat saya mengajar (magang sebagai guru SGI). Ia adalah siswa dengan sekelumit masalah  yang saya sebutkan diatas. Dengan masalah yang ia miliki selama ini, menjelang 2 pekan saya berakhir masa magang, saya katakan sekali,  “ saya baru tersadarkan untuk dapat mengatasi masalah-masalah yang dialaminya”.
                Untuk mengatasi masalah-masalahnya, saya melakukan bimbingan khusus kepadanya, supaya dia bisa mengalami peningkatan dalam sisi akademiknya. Sebagaimana saya kemukakan diatas salah satu masalahnya adalah kemampuan untuk menulis. Sayapun melakukan bimbingan khusus menulis padanya disetiap mata pelajaran yang saya ampu (sekolahnya masih menggunakan KTSP). Boleh dikatakan dia bisa menulis, tapi sangat sulit untuk difahmami apa yang jadi tulisannya.
Ada satu cerita menarik tentangnya, pernah suatu ketika saya menggunakan lubs (kaca pembesar) untuk membaca tulisannya. Karena tulisannya cukup sulit untuk dimengerti, walaupun demikian saya kemudian mampu mengerti apa yang ia tulis.
                Dari hal inilah, saat ini  saya menargetkan khusus, sebelum masa magang saya berakhir, dia harus bisa menulis dengan baik, benar, dan rapi. Dan target yang lebih penting dari itu semua, tentunya membuat dia semangat dalam belajar. Sekali lagi ini memang terlambat, walaupun begitu saya meyakini bahwa Insya Allah akan membuat dia berubah lebih baik, karena sungguh saya ingin mengantarnya lebih jauh, dari apa yang terjadi dengan dia selama ini. Membuat dia lebih merasakan perubahan setelah keberadaan saya mengajar selam kurang lebih dua setengah bulan.

Laporan Poster Afirmasi



Lampiran:
RencanaPembelajaran
12 Jam Pembelajaran / pecan
MATEMATIKA
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah                          :    MI Nurul Iman
Mata Pelajaran            :    MATEMATIKA
Kelas/Semester          :    V/1
Pertemuan ke              :    1-6
Alokasi Waktu             :    12 x 35 Menit


A.    Standar  Kompetensi      :          
1.      Melakukan operasi hitung bilangan bulat dalam pemecahan masalah

B.     Kompetensi Dasar          
1.3 melakukan operasi hitung bilangan bulat

C.    Tujuan Pembelajaran**            
Peserta didik dapat :
-          Membaca dan menuliskan bilangan bulat dalam kata-kata angka
-          Melakukan operasi penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian bilangan bulat
-          Melakukan operasi hitung campuran dengan bilangan bulat
-          Memecahkan masalah sehari-hari yang melibatkan bilangan bulat

v  Karakter siswa yang diharapkan:  
Rasa Ingin tahu, Mandiri, Kerja keras,  Kreatif,Disiplin, Menghargai Prestasi, Demokratis, Tanggung Jawab.

D.    Materi Ajar         
Operasi Hitung Bilangan Bulat
-          Membaca dan menulis bilangan bulat
-          Operasi penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat
-          Operasi perkalian dan pembagian bilangan bulat positif
-          Menyelesaikan masalah sehari-hari yang melibatkan operasi hitung bilangan bulat

E.     Metode  dan Pendekatan Pembelajaran          
Demonstrasi, Tanya Jawab, Ceramah, Aktive Learninig, Latihan

F.     Langkah-langkah Pembelajaran
     
Pertemua 1-3
Rencana Waktu
§  Kegiatan Awal
F  Berdo’a, presensi, apersepsi, Pembiasaan baik peduli lingkungan
F  Memberikan motivasi dan menjelaskan tujuan pembelajaran
F  Mengajak siswa bertanya jawab tentang kegiatan keseharian mereka.
F  Mengingatkan kembali tentang konsep bilangan bulat dan contohnya




10 Menit
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
siswa dapat melakukan operasi hitung bilangan bulat
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
-          Mendiskusikan cara membuat garis bilangan, melakukan pengamatan apa saja yang terdapat pada garis bilangan tersebut, didiskusikan sampai memperoleh kesimpulan
-          Menjelaskan cara menjumlahkan dan mengurangkan dua bilangan bulat dengan garis bilangan. Setelah itu menduskusikan cara menjumlahkan dan mengurangkan bilangan bilangan bulat yang lain sampai didapat kesimpulan.
-          Siswa diuji kemampuannya dengan mengerjakan soal-soal latihan.
 

& Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F  Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F  Guru memberikan postes atas materi-materi yang belum difahami siswa
 

§  Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F  Siswa dan guru bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari
F  Siswa dan guru membuat kesimpulan materi yang telah dipelajari.
F  Siswa dan guru penutup pelajaran.









30 Menit












20 menit










10 Menit






.

Pertemua 4-6
Rencana Waktu
§  Kegiatan Awal
F  Berdo’a, presensi, apersepsi, Pembiasaan baik peduli lingkungan
F  Memberikan motivasi dan menjelaskan tujuan pembelajaran
F  Mengajak siswa bertanya jawab tentang kegiatan keseharian mereka.
F  Mengingatkan kembali tentang konsep bilangan bulat dan contohnya




10 Menit
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
siswa dapat melakukan operasi hitung campuran bilangan bulat
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
-          Melakukan diskusi kelas untuk menentukan sifat-sifat perkalian dan pembagian bilangan bulat. Guru memberikan kasus-kasus mengenai perkalian dan pembagian bilangan bulat misalnya : bagaimanakah hasil dari ini….
-          (+) x(+) contoh 4x6=….
-          (+)x(-) contoh 3 x (-7)=….
-          Dst.
-          Memberikan beberapa kasus mengenai operasi hitung campuran terutama operasi hitung penambahan atau pengurangan dengan perkalian atau pembagian, setelah itu mengadakan diskusi kelas dan bersama-sama mencari kesimpulan. Bagaimanakah hasil dari :
-          Pengerjaan dari kiri
-          1) (40+50)-70=…apakah hasilnya sama dengan 40+ (50-70)…
-          2) (45-45) : 5 =.. apakah hasilnya sama dengan 45-(45:9) =..
-          3) (12x5)+6=… apakah hasilnya sama dengan 12x (5+6) =…
-          Dst.
-          Lalu kasus-kasus itu didiskusikan bersama-sama untuk mencari aturan dasar mengenai operasi hitungan campuran
-          Mengadakan percobaan dan diskusi kelas mengenai masalah-masalah yang berhubungan dengan bilangan bulat misalnya jual beli dll.
-          Melakukan latihan soal memcahkan bilangan bulat dalam kehidupan sehari-hari
 

& Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F  Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F  Guru memberikan postes atas materi-materi yang belum difahami siswa
 

§  Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F  Siswa dan guru bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari
F  Siswa dan guru membuat kesimpulan materi yang telah dipelajari.
F  Siswa dan guru penutup pelajaran.









40 Menit





































10 menit










10 menit


.

G.    Alat/Bahan dan Sumber Belajar
§  Buku Pelajaran Gemar Matematika 5.
§  Koin logam, manik-manik dll
§  White board, spidol.
§  Karton bekas, keratas origami dll





H.    Penilaian

Materi
Indikator Pencapaian Kompetensi
Teknik Teknik Penilaian
Bentuk instrumen
Instrumen
Soal
Operasi Hitung Bilangan Bulat
.
-      Membaca dan menuliskan bilangan bulat dalam kata-kata dan angka
-      Melakukan operasi penjumlahan, pengurangan, pekalian, dan pembagian bilangan bulat
-      Melakukan operaso hitung campuran dengan bilangan bulat
-      Memecahkan masalah sehari-hari yang melibatkan bilangan bulat

Tugas individu dan kelompok
Fretest dan postes (isian)
1.       -234 ditulis…
2.       positif lima ratus empat puluh lima ditulis…
3.       buatlah diagram panahnya 4,-5,-3, -10..!
4.       buatlah diagram panahnya dari operasi 3 –10= n!
5.       -34+20=…
6.       -20-30=…
7.       dst












Rubrik Penilaian Karakter

Nama Siswa
KARAKTER
INDIKATOR
KETERANGAN
Sempurna
Belum sempurna
Tidak terlaksana

Rasa Ingin Tahu
Bertanya tentang materi yang belum difahami



Mandiri
Mengerjakan soal dengan sendiri



Kerja keras
Mampu menjawab soal secara benar dan tidak mengeluh dengan  waktu



Kreatif
 Mampu mencari alternatif cara belajar yang berbeda



Disiplin
Tepat waktu mengerjakan soal, masuk kelas, dan tidak keluar masuk kelas pada saat jam belajar



Menghargai Prestasi
Memberikan apresiasi kepada teman yang mampu menjawab soal dengan baik melalui tepuk apresiasi dan tepuk salut



demokratis
memberikan kritik, saran, dan pendapat secara terbuka dan menyenangkan.



tanggung jawab
mampu menuntaskan masalah yang dihadapi dengan tanpa keluahan.



Rata-Rata

Lembar Penilaian
No
Nama Siswa
Performan
Produk
Jumlah Skor
Nilai
Pengetahuan
Sikap
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.







CATATAN :
  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.

Jampang, Kalisuren Kamis/   9/10 /2014

Mengetahui,
Kepala Sekolah MI NURUL IMAN,





ASEP, S.Pd.I

Guru Kelas,





AHMAD RIZAL KHADAPI




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah                          :    MI Nurul Iman
Mata Pelajaran            :    MATEMATIKA
Kelas/Semester          :    V/1
Pertemuan ke              :    1-5
Alokasi Waktu             :    10 x 35 Menit


I.       Standar  Kompetensi      :          
2.      Melakukan operasi hitung bilangan bulat dalam pemecahan masalah

J.      Kompetensi Dasar          
1.4 menghitung perpangkatan dan akar sederhana

K.    Tujuan Pembelajaran**            
Peserta didik dapat :
-          Mencari hasil pemangkatan dua
-          Melakukan operasi penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian bilangan berpangkat dua
-          Mengenal arti pangkat dua dari suatu bilangan
-          Mencari hasil penarikan perpangakatan akar pangkat dua dari bilangan kuadrat
-          Melakukan operasi penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian bilangan bulat.

v  Karakter siswa yang diharapkan:  
Rasa Ingin tahu, Kerja sama,  Kreatif, Disiplin, Menghargai Prestasi, Tanggung Jawab,

L.     Materi Ajar         
Perpangkatan dan akar sederhan
-          Menuliskan perpangkatan dua sebagai perkalian berulang
-          Operasi hitung yang melibatkan bilangan berpangkat dua
-          Penarikan akar pangkat dua dari bilangan bilangan kuadrat
-          Membandingkan bilangan bertanda akar kuadrat dengan bilangan lain

M.   Metode  dan Pendekatan Pembelajaran          
Demonstrasi, Tanya Jawab, Ceramah, Aktive Learninig, fun learning, Latihan

N.    Langkah-langkah Pembelajaran
     
Pertemua 1
Rencana Waktu
§  Kegiatan Awal
F  Berdo’a, presensi, apersepsi, Pembiasaan baik peduli lingkungan
F  Memberikan motivasi dan menjelaskan tujuan pembelajaran
F  Mengajak siswa bertanya jawab tentang kegiatan yang menyenangkan hati mereka




10 Menit
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
menjelaskan cara melakukan operasi hitung bilangan berpangkat dua, memberikan beberapa permasalahan dan melakukan Tanya jawab dengan siswa;
contoh permasalahan;
1.       82 + 42 = (8x8) + (4x4) apakah hasilnya sama dengan 82+42= (8+4)2 ..?
2.       62+52= (6x6) +(5x5) apakah hasilnya sama dengan 62x52= (6x5)2..?
mengingatkan kembali tentang aturanbaku operasi hitung campuran bilangan bulat
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
-          Mendiskusikan cara membuat table perkalian 1 sampai dengan 10 lalu beri warna bilangan yang dikalikan bilangan yang sama, melakukan diskusi bersam-sama untuk menarik kesimpulan
-          Siswa diuji keterampilan dan kemampuan dengan mengerjakan soal-soal latihan termasuk soal operasi hitung campuran bilangan berpangkat dua
 

& Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F  Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F  Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan.
 



§  Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F  Mereview kembali mengengai materi yang telah disampaikan, memberikan pekerjaan rumah dan member tugas membaca materi yang akan dibahas pada pertemuan selanjutnya.








30 Menit




























.

Pertemuan ke 2-3
Rencana Waktu
§  Kegiatan Awal
F  Berdo’a, presensi, apersepsi, Pembiasaan baik peduli lingkungan
F  Memberikan motivasi dan menjelaskan tujuan pembelajaran
F  Mengajak siswa bertanya jawab tentang kegiatan keseharian mereka.
F  Mengulang sedikit materi tentang bilangan berpangkat dua dan hubungannya dengan penarikan akar pangkat dua




10 Menit
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
menjelaskan cara melakukan penarikan akar pangkat dua dengan beberapa cara, siswa dapat bebas memilij cara mana yang dimengerti untuk memecahkan permasalah pada soal. Penarikan akar dapat dilakukan dengan beberapa carayaitu;
1.       Fakotrisasi prima
2.       Cara bersusun
3.       Cara menaksir
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
siswa diuji kemampuan dan keterampilannya dalammenarik akar pangkat dua termasuk soal latihan operasi hitung akar pangkat dua.
 

& Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F  Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F  Guru memberikan postes atas materi-materi yang belum difahami siswa
 

§  Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F  Siswa dan guru bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari
F  Siswa dan guru membuat kesimpulan materi yang telah dipelajari.
F  Memberikan pekerjaan rumah dan member tugas membaca materi yang akan dibahas pada pertemuan selanjutnya
F  Siswa dan guru penutup pelajaran.









40 Menit










10 menit
















10 menit


.



Pertemuan ke 4-5
Rencana Waktu
§  Kegiatan Awal
F  Berdo’a, presensi, apersepsi, Pembiasaan baik peduli lingkungan
F  Memberikan motivasi dan menjelaskan tujuan pembelajaran
F  Mengajak siswa bertanya jawab tentang kegiatan keseharian mereka.
F  Mengulang sedikit materi tentang cara menarik akar pangkat dua



10 Menit
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
menghitung perpangkatan dan akar sederhana
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
-          melakukan diskusi dan memecahkan permasalahan soal-soal pada buku paket
-          menceritakan tentang manfaat dan kegunaan akar pangkat dua dan bilangan pangkat dua dalam kehidupan sehari-hari lalu mencoba penerapannya pada soal cerita
-          siswa diuji kemampuannya dan keterampilannya mengerjakan soal-soal latihan.

 

& Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F  Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F  Guru memberikan postes atas materi-materi yang belum difahami siswa
 

§  Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F  Guru memberikan refleksi mengenai materi yang telah disampaikan, memberikan pekerjaan ruama dan menginformasikan materi yang akan dipelajari pada pertemuan selanjutnya









40 Menit










10 menit
















10 menit


.

O.    Alat/Bahan dan Sumber Belajar
§  Buku Pelajaran Gemar Matematika 5.
§  Koin logam, manik-manik dll
§  White board, spidol.
§  Alat praga perhitungan dari Depdiknas
P.     Penilaian

Materi
Indikator Pencapaian Kompetensi
Teknik Teknik Penilaian
Bentuk instrumen
Instrumen
Soal
Melakukan operasi hitung bilangan bulat dalam pemecahan masalah
.
-      Mencari hasil pemangkatan dua
-      Melakukan operasi penjumlahan,  pengurangan, perkalian, dan pembagian bilangan berpangkat dua
-      Mengenal arti pangkat dua dari satu bilangan
-      Mencari hasil penarikan perpangakatan akar pangkat dua dari bilangan kuadrat
-      Melakukan operasi penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian bilangan bulat

Tugas individu dan kelompok
isian
·      Arti dari 52….
·      122=….x….=…..
·      502 + 102 =….
·      602:202-102=…..
·      Gunakanlah tanda >,< atau= pada titik yang telah disediakan..!
·      Halaman sekolah amir berbentuk persegi dengan sisi 14 m. hitunglah luas halaman sekolah tersebut../
·      Ibu membeli 12 lusin piring dan gelas. Berapa banyak jumlah piring dan gelas yang akan dibeli ibu..?
·      Sawah pak Karta berbentuk persegi panjang dengan luas 1024 m2. Berapakah panjang sisi kebun pak karta..?



Rubrik Penilaian Karakter

Nama Siswa
KARAKTER
INDIKATOR
KETERANGAN

Sempurna
Belum sempurna
Tidak terlaksana


Rasa Ingin Tahu
Bertanya tentang materi yang belum difahami




kerja sama
kemampuan siswa untuk saling bertukar pendapat dan saling membantu dalam memecahkan masalah






Kreatif
 Mampu mencari alternatif cara belajar yang berbeda




Disiplin
Tepat waktu mengerjakan soal, masuk kelas, dan tidak keluar masuk kelas pada saat jam belajar




Menghargai Prestasi
Memberikan apresiasi kepada teman yang mampu menjawab soal dengan baik melalui tepuk apresiasi dan tepuk salut






tanggung jawab
mampu menuntaskan masalah yang dihadapi dengan tanpa keluahan.




Rata-Rata


Lembar Penilaian
No
Nama Siswa
Performan
Produk
Jumlah Skor
Nilai
Pengetahuan
Sikap
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.







CATATAN :
  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.





Jampang, Kalisuren Kamis/   20/10 /2014

Mengetahui,
Kepala Sekolah MI NURUL IMAN,





ASEP, S.Pd.I

Guru Kelas,






AHMAD RIZAL KHADAPI




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah                          :    MI Nurul Iman
Mata Pelajaran            :    MATEMATIKA
Kelas/Semester          :    V/1
Pertemuan ke              :    1-5
Alokasi Waktu             :    4 x 35 Menit


Q.    Standar  Kompetensi      :          
3.      Melakukan operasi hitung bilangan bulat dalam pemecahan masalah

R.    Kompetensi Dasar          
1.5 menyelesaikan masalah yang terkait dengan operasi hitung KPK dan FPB

S.      Tujuan Pembelajaran**            
Peserta didik dapat :
            Memecahkan masalah yang melibatkan akar pangkat

v  Karakter siswa yang diharapkan:  
Rasa Ingin tahu, Kerja sama,  Kreatif, Disiplin, Menghargai Prestasi, Tanggung Jawab,

T.     Materi Ajar         
Perpangkatan dan akar sederhan
     Memecahkan masalah masalah sehari-hari yang melibatkan akar pangkat dua dan bilangan yang berpangkat dua
U.    Metode  dan Pendekatan Pembelajaran          
Demonstrasi, Tanya Jawab, Ceramah, Aktive Learninig, Latihan

V.    Langkah-langkah Pembelajaran
     
Pertemua 1
Rencana Waktu
§  Kegiatan Awal
F  Berdo’a, presensi, apersepsi, Pembiasaan baik peduli lingkungan
F  Memberikan motivasi dan menjelaskan tujuan pembelajaran
F  Mengajak siswa bertanya jawab tentang kebaikan-kebaikan yang telah mereka lakukan
F  Mengulang kembali kesimpulan mencari FPB dan KPK





10 Menit
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan operasi hitung, KPK dan FPB

& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
-          Mendiskusikan kegunaan FPB dan KPK dalam kehidupan sehari-hari setelah itu melakukan percobaan dengan alat percobaan (manik-manik, lonceng, dll)
-          Siswa diuji kemampuannya dan keterampilannya mengerjakan soal-soal latihan

 

& Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F  Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F  Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan.
 

§  Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F  Mereviewe kembali mengengai materi yang telah disampaikan, memberikan pekerjaan rumah dan member tugas membaca materi yang akan dibahas pada pertemuan selanjutnya.








30 Menit




























.

W.  Alat/Bahan dan Sumber Belajar
§  Buku Pelajaran Gemar Matematika 5.
§  Koin logam, manik-manik dll
§  White board, spidol.
§  Kertas HVS, Karton.




X.    Penilaian

Materi
Indikator Pencapaian Kompetensi
Teknik Teknik Penilaian
Bentuk instrumen
Instrumen
Soal
Melakukan operasi hitung bilangan bulat dalam pemecahan masalah
.
-      Memecahkan masalah yang melibatkan pangkat
Tugas individu dan kelompok
isian dan uraian
·         Ani  latihan karate 4 hari sekali, adit latihan karate 5 hari sekali pada hari keberapakah ani dan adit latihan kareate bersama..?
·         Ibu mempunyai lemper 24 buah dan bolu kukus sebanyak 60 buah yang akan disimpan dalam piring dengan jumlah lemper dan bolu kukus sama banyak, berapa banyak piring yang harus disediakan oleh ibu dan berpakah jumlah lemper dan bolu kuku ada pada masing-masing piring..?
·         dst


Rubrik Penilaian Karakter

Nama Siswa
KARAKTER
INDIKATOR
KETERANGAN

Sempurna
Belum sempurna
Tidak terlaksana


Rasa Ingin Tahu
Bertanya tentang materi yang belum difahami




kerja sama
kemampuan siswa untuk saling bertukar pendapat dan saling membantu dalam memecahkan masalah






Kreatif
 Mampu mencari alternatif cara belajar yang berbeda




Disiplin
Tepat waktu mengerjakan soal, masuk kelas, dan tidak keluar masuk kelas pada saat jam belajar




Menghargai Prestasi
Memberikan apresiasi kepada teman yang mampu menjawab soal dengan baik melalui tepuk apresiasi dan tepuk salut






tanggung jawab
mampu menuntaskan masalah yang dihadapi dengan tanpa keluahan.




Rata-Rata


Lembar Penilaian
No
Nama Siswa
Performan
Produk
Jumlah Skor
Nilai
Pengetahuan
Sikap
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.







CATATAN :
  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.





Jampang, Kalisuren Kamis/25,28 /10 /2014

Mengetahui,
Kepala Sekolah MI NURUL IMAN,





ASEP, S.Pd.I

Guru Kelas,






AHMAD RIZAL KHADAPI





RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
SATUAN PENDIDIKAN    : MIS NURUL IMAN
MATA PELAJARAN           :MATEMATIKA
KELAS/SEMESTER             :V/I
PERTEMUAN KE                                :1
ALOKASI WAKTU              :2 X 35 Menit

A.      Standar Kompetensi
2. Mengunakan pengukuran waktu, jarak, dan kecepatan dalam pemecahan masalah
B.      Kompetensi Dasar
2.1 menuliskan tanda waktu dengan menggunakan notasi 12 jam

C.      Tujuan Pembelajaran
Siswa Dapat Mengetahui tanda waktu dalam jam

Karakter Yang Diharapkan, Disiplin, Jujur, Bertanggung Jawab, religius

D.      Materi Ajar
Pengukuran (Waktu)

E.       Metode dan Strategi Pembelajaran
Diskusi, Demonstrasi, Tanya Jawab, Ekspositori, Latihan, active learning, kontekstual learning

F.       Langkah Langkah Pembelajaran
Kegiatan Awal (10 menit)
-          Berdoa, Persensi
-          5 Menit Melakukan Kebaikan
-          Motivasi
-          Apersepsi
-          Membahas masalah jam
-          Membagi siswa menjadi 2 kelompok, yaitu kelompok Siswa laki-laki dan Kelompok siswa perempuan.


Kegitan Inti (50 Menit):
-          Eksploasi (20 Menit)
o   Menuliskan tanda waktu dengan menggunakan notasi 12 jam
-          Elaborasi (30 Menit)
o   Membuat gambar jam pada kertas
o   Siswa di uji kemampuannya dengan memberikan soal berdasarkan arah jarum jam yang ditunjuk oleh guru
o   Membahas satuan waktu
o   Uji kemampuan siswa dengan mengerjakan soal latihan
o   Membuat poster apirmasi dengan menggunakan kertas berlatar belakang jam secara berkelompok dan individu
-          Konfirmasi (5 Menit)
o   Menanyakan hal-hal yang belum difahami oleh siswa
o   Meluruskan kesalahan siswa, dan menyimpulkan hasil pembelajaran
Kegiatan Penutup (5 Menit)
                Memberikan refleksi, dan meberikan tugas rumah, serta menginformasikan materi yang akan di pelajari jadwal selanjutnya.

G.     Alat/Bahan dan Sumber Belajar
-          Gemar Matematika 5 untuk SD/Mi Kelas V
-          Pelajaran Matematika 5A
-          Kertas
-          Jam Dinding
-          Papan tulis, Spidol, Penghapus.
-          Gelas pelastik, karton bekas
H.      Penilaian
Nilai Budaya dan Karakter

Indikator
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Soal
Disiplin, sikap dan tindakan yang selalu berupaya untuk melakukan aktifitas secara tepat waktu

Menuliskan tanda waktu berdasarkan notasi 12 Jam
Tugas Individu dan kelompok
Isian dan
Uraian
Tuliskan dalam bentuk Notasi Jam  waktu berikut;

04.45  =…?
12.15  =…?
03.55  =…?
06.00 =...?
07.10  =...?

Setiap Pagi Rudi Pergi ke sekolah MI Nurul Iman pukul 07.30, menempuh perjalanan kaki selam 30 menit, maka pukul berapakah Rudi sampai disekolah..?
Jujur, sikap dan perilaku yang menunjukan kebenaran antara perbuatan dan ucapan.

Bertanggung Jawab , sikap dan prilaku yang menunjukan tenggang rasa sesama teman, guru, dan lingkungan sekolah.
 Religius, sikap memahami dan mengetahui keajiban-kewajiban agama yang wajib dilaksanakan






I.        Format Kriteria Penilaian
a.       Produk (Hasil Karya )
No

Aspek
Kriteria
Skor
1
Konsep
-          Semua benar
-          Sebagian besar benar
-          Sebagian kecil benar
-          Semua salah

4
3
2
1

b.      Performansi (Penampilan)
No
Aspek
Criteria
Skor
1





2 
Pengetahuan





Sikap
-          Tahu dan faham
-          Tahu tapi tidak faham
-          Tidak tahu dan tidak faham

-          Sopan dan taat

-          Sopan

-          Tidak sopan dan tidak taat

4
2

1


4

2

1

c.       Lembar penilaian



No
Nama siswa
Performansi
Produk
Jumlah skor
Nilai



Pengetahuan
Sikap

1







2







3







4







5







6







7








Catatan :
Nilai = (jumlah skor : jumlah skor maksimal ) x 10
Siswa yang belum terpenuhi syarat KKMnya maka akan diadakan remedial.

Mengetahui,
Kepala Sekolah MI NURUL IMAN,




ASEP, S.Pd.I

Jampang, Kalisuren, Kamis/30 /10  /2014
Guru Kelas,




AHMAD RIZAL KHADAPI



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah                          :    MI Nurul Iman
Mata Pelajaran            :    MATEMATIKA
Kelas/Semester          :    V/1
Pertemuan ke              :    3
Alokasi Waktu             :    2 x 35 Menit


Y.    Standar  Kompetensi      :          
2. menggunakan pengukuran waktu, jarak, dan kecepatan dalam pemcahan masalah

Z.     Kompetensi Dasar          
2.2 melakukan operasi hitung satuan waktu

Å.    Tujuan Pembelajaran**            
Peserta didik dapat :
-          Melakukan operasi hitung satuan waktu
-          Menyelesaikan masalah berkaitan dengan waktu

v  Karakter siswa yang diharapkan:  
Rasa Ingin tahu, Mandiri, Kerja keras,  Kreatif,Disiplin, Menghargai Prestasi

Ä.    Materi Ajar         
Pengukuran sudut Pada Jam

Ö.    Metode  dan Pendekatan Pembelajaran          
Demonstrasi, Tanya Jawab, Ceramah, Latihan,

AA.          Langkah-langkah Pembelajaran
     
Pertemua 1
Rencana Waktu
§  Kegiatan Awal
F  Berdo’a, presensi, apersepsi, Pembiasaan baik peduli lingkungan
F  Memberikan motivasi dan menjelaskan tujuan pembelajaran
F  Mengajak siswa bertanya jawab tentang kegiatan keseharian mereka.




10 Menit
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
Menjelaskan cara mengukur sudut dengan menggunakan busur drajat, mendiskuskan jenis-jenis sudut dan menentukan beberapa sudut acuan untuk menaksir besar sudut.
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
-          Mendiskusikan cara mencari besar sudut pada jam dengan menggunakan jam yang telah ada, sampai diperoleh kesimpulan, setelah itu siswa di uji kemampuannya mengerjakan soal-soal yang diberikan.
-          Memfasilitasi siswa mengerjakan soal-soal latihan.
 

& Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F  Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F  Guru memberikan postes atas materi-materi yang belum difahami siswa
 

§  Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F  Siswa dan guru bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari
F  Siswa dan guru membuat kesimpulan materi yang telah dipelajari.
F  Tugas dan Pekerjaan Rumah
(menentukan besar sudut-sudut )
F  Siswa dan guru penutup pelajaran.









30 Menit












20 menit










10 Menit






.

BB.           Alat/Bahan dan Sumber Belajar
§  Buku Pelajaran Gemar Matematika 5.
§  Alat Praga Busur Drajat
§  Busur Drajat



CC.          Penilaian

Materi
Indikator Pencapaian Kompetensi
Teknik Teknik Penilaian
Bentuk instrumen
Instrumen
Soal
Pengukuran sudut
.
-      Siswa mampu menyebutkan jenis-jenis sudut, berdasarkan besar sudutnya

-      Siswa mampu mengukur sudut –  sudut berdasarkan waktu pada jam.
Tugas dan latihan
Fretest dan postes
1.      Sebutkan 3 jenis sudut
2.      Tentukan besar sudut berikut :
a.













 



b.          





c.
      




 
d.











Rubrik Penilaian Karakter

Nama Siswa
KARAKTER
INDIKATOR
KETERANGAN
Sempurna
Belum sempurna
Tidak terlaksana

Rasa Ingin Tahu
Bertanya tentang materi yang belum difahami



Mandiri
Mengerjakan soal dengan sendiri



Kerja keras
Mampu menjawab soal secara benar dan tidak mengeluh dengan  waktu



Kreatif
 Mampu mencari alternatif cara belajar yang berbeda



Disiplin
Tepat waktu mengerjakan soal, masuk kelas, dan tidak keluar masuk kelas pada saat jam belajar



Menghargai Prestasi
Memberikan apresiasi kepada teman yang mampu menjawab soal dengan baik melalui tepuk apresiasi dan tepuk salut



Rata-Rata









Lembar Penilaian
No
Nama Siswa
Performan
Produk
Jumlah Skor
Nilai
Pengetahuan
Sikap
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.







CATATAN :
  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.

Jampang, Kalisuren Kamis/   6/11  /2014

Mengetahui,
Kepala Sekolah MI NURUL IMAN,





ASEP, S.Pd.I

Guru Kelas,





AHMAD RIZAL KHADAPI









IPA

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )


Sekolah                          :    MI Nurul Iman
Mata Pelajaran            :    Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas/Semester          :    V/1
Materi Pokok               :    Tmbuhan Hijau
Alokasi Waktu             :   4 x 45 Menit ( 2 x Pertemuan)


DD.          Standar  Kompetensi            :          
2.Memahami cara tumbuhan hijau membuat makanan

EE.           Kompetensi Dasar    
2.1 Mengidentifikasi cara tumbuhan hiaju membuat makanan

FF.Tujuan Pembelajaran**            
Peserta didik dapat :
§  Mengetahui proses pembuatan makanan pada tumbuhan melalui foto sintesis
§  Mengetahui bahan-bahan yang diperlukan  tumbuhan untuk membuat makanan
-      Air ; diperoleh melalui akar
-      Karbon dioksida ; masuk dari udara melalui stomata dan lentisel
-      Cahaya Matahari; diserap oleh krofil
§  Mengetahui hasil fotosintesis berupa
-      Karbohidrat
-      Oksigen
§  Mengetahui tempat menyimpan makanan cadangan pada tumbuhan dan memberikan contohnya;
-      Didalam buah
-      Didalam biji
-      Didalam batang


v  Karakter siswa yang diharapkan :   Disiplin ( Discipline ),
Perhatian (Care),
Tekun ( Diligence )  dan  Tanggung Jawab
( Responsibility ), Kerja Keras, Peduli Lingkungan.

GG.         Materi Ajar   
Pembuatan Makanan pada tumbuhan hijau
      - Proses tumbuhan hijau membuat makanan
      - Tempat menyimpan cadangan makanan pada tumbuhan


HH.          Metode  dan Pendekatan Pembelajaran    
§  Demonstrasi, Diskusi, Tanya jawab, Ceramah.
§  Pendekatan kontekstual.
§  Pendekatan  Aktive Learning.

II.    Langkah-langkah Pembelajaran          
Pertemua 1
Rencana Waktu
§  Kegiatan Awal
F  Berdo’a, presensi, apersepsi, Pembiasaan baik peduli lingkungan
F  Memberikan motivasi dan menjelaskan tujuan pembelajaran
F  Mengajak siswa bertanya jawab tentang kegiatan keseharian mereka.
F  Membagi peserta didik menjadi 3 kelompok (Akar, Batang, Daun)




10 Menit
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F  Mengajak siswa bertanya jawab tentang materi tumbuhan hijau.
F  Dilanjutkan dengan bertanya jawab tentang nama dan jenis bagian2 tumbuhan
F  Siswa melakukan pengamatan Awal terhadap bagian-bagian tumbuhan
F  Siswa diberikan kesempatan untuk menyampaikan hasil pengamatan mereka kedepan kelas (tertulis)
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F  Memfasilitasi peserta didik untuk mencari tahu cara tumbuhan hijau membuat makanan.
F  Memfasilitasi peserta didik untuk mencari tahu bagaimana tumbuhan hijau menyimpan makanannya.
F  Memfasilitasi peserta didik untuk menyampaikan hasil belajar secara kelompok terkait dengan tumbuhan sebagai sebagai penghasil sumber makanan.
 

& Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F  Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F  Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
 

§  Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F  Siswa dan guru bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari
F  Siswa dan guru membuat kesimpulan materi yang telah dipelajari.
F  Siswa dan guru berdoa.



30 Menit












30 menit


















10 Menit







10 Menit
 Tugas dan Pekerjaan Rumah.

Mencari Jenis2 makanan hijau ( Singkong, Apel, bayam, Kacang kedelai, Kentang)
Pertemuan Ke-2

§  Kegiatan Awal
F  Berdo’a, presensi, apersepsi, Pembiasaan baik peduli lingkungan
F  Memberikan motivasi dan menjelaskan tujuan pembelajaran
F  Mengajak siswa bertanya jawab tentang kegiatan keseharian mereka.
F  Mengumpulkan tugas yang telah diberikan pada hari sebelumnya.


10 Menit
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F  Mengajak siswa bertanya jawab tentang tumbuhan sebagai penghasil sumber makanan.
F  Melibatkan peserta didik secara aktif dalam kegiatan pembelajaran melalui strategi (PAIKEM)
 

& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F  Memfasilitasi siswa untuk dapat mengetahui beberapa tumbuhan sebagai sumber makanan
F  Berdiskusi mengenai perntingnya menkonsumsi tumbuhan hijau
F  Memfasilitasi siswa untuk dapat mengetahui beberapa bagian tumbuhan yang dapat dimakan.
 

& Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F  Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F  Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
§  Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F  Siswa dan guru bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari selama pertemua.
F  Siswa dan guru membuat kesimpulan materi yang telah dipelajari.
F  Siswa dan guru berdoa.

30 menit










30 Menit












30 Menit









10 Menit
Tugas pembiasaan baik
 Membersihkan lingkungan sekolah dari sampah yang berserakan.



JJ.  Alat/Bahan dan Sumber Belajar
§  Buku Pelajaran Senang Belajar Ilmu Pengetahuan Alam Kelas 5.
§  Kertas Lipat
§  Karton Bekas Sebagai Alat Praga
§  Tumbuhan Hijau

KK.         Penilaian

Nilai Budaya dan Karakter
Indikator Pencapaian Kompetensi
Teknik Teknik Penilaian
Bentuk instrumen
Instrumen
Soal
Disiplin ; Prilaku yang menunjukan ketepatan dalam melakukan perbuatan sesuai dengan rencana dan waktu
Menjelaskan tumbuhan hijau membuat makanannya sendiri.
Tugas
Laporan dan Unjuk kerja
Jelaskan proses tumbuhan hijau membuat makanannya..?

Sebutkan tempat tumbuhan menyimpan makanan..?

Sebutkan jenis-jenis tumbuhan yang menghasilkan makanan..?

Kerja Keras : prilaku yang menunjukan pantang menyerah dalam menghadapi tantangan
 Menunjukan jenis2 tumbuhan yang dapat dikonsumsi dengan baik
Uraian obyektif
Peduli Lingkungan ; prilaku yang menunjukan keaktifan dalam membersihkan lingkungan sekitar baik disekolah ataupun dirumah

Tekun : prilaku yang menunjukan rasa suka dalam belajar dan suka dalam menghadapi tantangan
Perhatian : prilaku yang menunjukan kepedulian terhadap teman dan kerabat serta saudara.








Format Kriteria Penilaian     

&  Produk ( hasil diskusi )

No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1




&  Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.



2.
Pengetahuan



Sikap
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan

* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
4
2
1

4
2
1

Lembar Penilaian
No
Nama Siswa
Performan
Produk
Jumlah Skor
Nilai
Pengetahuan
Sikap
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.







CATATAN :
  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.

Mengetahui,
Kepala Sekolah MI NURUL IMAN,




ASEP, S.Pd.I

Jampang, Kalisuren_______/   /  /2014
Guru Kelas,





AHMAD RIZAL KHADAPI


























Komentar

Postingan populer dari blog ini

Rindu Indonesia

HUJAN

Nazwa Aulia