CATATAN KULIAH AKHIR PEKAN TENTANG PTK
Kuliah kami mulai pukul 09.00 pagi. Hari ini merupakan hari kuliah terakhir kami di Sekolah Guru Indonesia (SGI) berdasarkan jadwal yang telah di umumkan oleh manajemen. Karena ini kuliah terakhir, maka semua rekan-rekan mengikutinya dengan penuh hikmat dan happy. Pematerinya pak Wijaya Kusumah (biasa dipanggil dengan om Jay), Lulusan S2 Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Jakarta, yang saat ini sedang menempuh pendidikan doktoral dikampus yang sama.
Materi kuliah hari ini adalah "Penelitian Tindakan Kelas". Sebelum menyampaikan materi, om Jay terlebih dahulu melakukan pemanasan dan pendekatan dengan kami secara fun (dengan konsep fun learning). Dengan metode belajar seperti ini, kami semua menjadi mudah untuk mendapatkan materi PTK.
Berikut beberapa hasil rangkuman perkuliahan hari ini;
# Pengertian PTK yaitu sebuah penelitian nyata yang dilakukan oleh pendidik dikelasnya sendiri dengan jalan merencanakan, melaksanakan, dan merefleksikan, tindakan secara kolaboratif dan partisipatif dengan tujuan untuk memperbaiki kinerjanya sebagai pendidik, sehingga hasil belajar siswa dapat meningkat.
# Urgensi adanya PTK adalah sebagai berikut; supaya guru peka, dan tanggap terhadap dinamika pembelajaran, meningkatkan kinerja guru dari konvensional menjadi profesional, perbaikan proses dan hasil belajar siswa, PTK tidak mengganggu proses belajar siswa, supaya guru menjadi kreatif dan inovatif, dalam mengadopsi teori, metode, dan teknik belajar, suapaya guru memperbaiki cara belajarnya.
# Beberapa masalah guru dalam membuat PTK; ketidak tahuan cara menulis PTK, Guru belum memiliki tradisi dalam penelitian, untuk membuat PTK di indikaisikan ada juga yang memakai jasa calo, plagiat terhadap hasil PTK orang lain.
# Beberapa masalah yang dapat di jadikan sebagai dasar dari Penelitian Tiindakan Kelas, sbb; (siswa tidak memperhatikan penjelasan guru), (suasana kelas yang berantakan, lingkungan belajar yang tidak mendudkung pembelajaran, (tidak ada interaksi antara guru dan siswa)
# Ada beberapa alasan kenapa guru takut PTK; karena kurang memahami profesi sebagai guru, malas membaca buku, lumpuh/malas menulis, kurang sensitif terhadap waktu
# Beberapa Tahapan dalam membuat PTK
- lakukan identifikasi masalah
- analisis masalah yang sudah di identifikasi
- buatlah Rumusan Masalahnya
- Tahap Merencanakan tindakan kelas.
Inilah hasil belajar kami hari ini, yang diakhiri dengan diskusi kelompok, terhadap beberapa masalah dalam PTK. Namun ada beberapa materi yang tak dapat disampaikan. Semoga ini menjadi sumber ilmu yang bermanfaat dalam proses kita mengembangkan diri sebagai guru yang kreatif, inovatif, dan transformatif.
Akhir kata, sebelum diketengahkan, saya samapikan sebuah nasehat dari Mario Teguh (GW) mengenai pendidikan, "Pendidikan tidak akan pernah menemukan proses keratifitas bila cara-cara yang digunakan dalam mengajar adalah cara-cara lama".
Komentar
Posting Komentar
Silahkan tulis komentar, ataupun opini anda pada kolom ini. Terimakasih