PENELITIAN TINDAKAN KELAS (PTK)
Resume Buku: Mengenal Penellitian Tindakan Kelas W.Kusuma & Dedi D
Hakikat PTK menurut Carr dan Kemmis (1986) adalah suatu
bentuk penelitian refleksi diri yang dilakukan oleh para partisipan dalam
situasi social untuk memperbaiki rasionalitas dan kebenaran. Sedangkan menurut
McNiff (1992) memandang hakikat PTK adalah sebagai bentuk penelitian reflektif
yang dilakukan oleh guru sendiri yang hasilnya dapat dimanfaatkan sebagai alat
pengembangan keahlian mengajar.
Nama lain dari PTK juga dikenal dengan ; participatory research, collaborative
research, emancipator research, action learning, contextual action
learning. Disisi lain Peneilitian Tindakan Kelas (PTK)
dapat di definisikan sebagai penelitian yang dilakukan oleh guru di kelasnya
sendiri dengan cara; 1, merencanakan. 2, melaksanakan. 3, merefleksikan
tindakan secara kolaboratif dan partisipatif dengan tujuan memperbaiki
kinerjanya sebagai guru, sehingga hasil belajar siswa dapat meningkat.
Dalam pengertian yang lain PTK atau Classroom Action
Research adalah penelitian tindakan yang dilaksanakan oleh guru di dalam kelas.
Penelitian tindakan pada hakikatnya merupakan rangkaian “riset-tindakan-riset-tindakan..’
yang dilakukan dalam rangkaian guna memecahkan masalah.
Terdapat beberapa jenis Penelitian Tindakan, dua
diantaranya adalah penelitian tindakan perorangan dan penelitian tindakan
kelompok. Penelitian tindakan termasuk penelitian kualitatif walaupun data yang
dikumpulkan bisa saja bersifat kuantitatif.
Penelitian tindakan berbeda dari penelitian formal. Penelitian
formal bertujuan menguji hipotesis dan membangun teori yang bersifat umum. Sedangkan
penelitian tindakan lebih bertujuan memperbaiki kinerja, sifatnya kontekstual
dan hasilnya tidak untuk digeneralisir.
Perbedaan antara
penelitian formal dengan classroom action research disajikan dalam table sbb:
No
|
Ketentuan
|
Penelitian Formal
|
CAR
|
1
|
Pelaku
|
Dilakukan oleh orang
lain
|
Dilakukakan oleh guru
yang bersangkutan
|
2
|
Sampel
|
Harus representative
|
Tidak harus refsentatif
|
3
|
Instrument
|
Harus valid dan relibel
|
Tidak harus valid dan
realibel
|
4
|
Statistic
|
Analisis statistic yang baik
|
Tidak harus menggunakan
statistik
|
5
|
Hipotesis
|
Hipotesis harus jelas
|
Tidak mensyaratkan
hipotesis
|
6
|
Teori
|
Harus berlandaskan teori
yang sudah ada
|
Teori tidak terlalu
berpengaruh
|
7
|
fungsi
|
Menguji teori
|
Memperbaiki praktik
pembelajaran secara langsung
|
Ada beberapa prinsip dasar
PTK;
1.
Berkelanjutan,
dilakuan secara siklustis
2.
Integral , PTK
merupakan bagian integral dari konteks
yang diteliti
3.
Ilmiah, diagnosis
masalah berdasar pada kejadian nyata
4.
Motivasi dari
dalam, motivasi untuk memperbaiki kualitas harus tumbuh dari dalam.
5.
Lingkup, masalah
tidak dibatasi pada masalah pembelajaran didalam dan luar ruang kelas.
Dalam
PTK , guru harus bertindak sebagai pengajar sekaligus peneliti. Focus penelitian
merupakan kegiatan pembelajaran. Gurupun mempunyai hak ototnomi untuk
memperbaiki kinerjanya. Metode paling utama adalah merefleksikan diri dengan
tetap mengikuti kaidah-kaidah penelitian
yang sudah baku dan bukan tradisional.
Komentar
Posting Komentar
Silahkan tulis komentar, ataupun opini anda pada kolom ini. Terimakasih