PENELITIAN TINDAKAN KELAS (PTK)


          Resume Buku: Mengenal Penellitian Tindakan Kelas W.Kusuma & Dedi D
            Hakikat PTK menurut Carr dan Kemmis (1986) adalah suatu bentuk penelitian refleksi diri yang dilakukan oleh para partisipan dalam situasi social untuk memperbaiki rasionalitas dan kebenaran. Sedangkan menurut McNiff (1992) memandang hakikat PTK adalah sebagai bentuk penelitian reflektif yang dilakukan oleh guru sendiri yang hasilnya dapat dimanfaatkan sebagai alat pengembangan keahlian mengajar.
            Nama lain dari PTK juga dikenal dengan ; participatory research, collaborative research, emancipator research, action learning, contextual action learning.   Disisi lain Peneilitian Tindakan Kelas (PTK) dapat di definisikan sebagai penelitian yang dilakukan oleh guru di kelasnya sendiri dengan cara; 1, merencanakan. 2, melaksanakan. 3, merefleksikan tindakan secara kolaboratif dan partisipatif dengan tujuan memperbaiki kinerjanya sebagai guru, sehingga hasil belajar siswa dapat meningkat.
            Dalam pengertian yang lain PTK atau Classroom Action Research adalah penelitian tindakan yang dilaksanakan oleh guru di dalam kelas. Penelitian tindakan pada hakikatnya merupakan rangkaian “riset-tindakan-riset-tindakan..’ yang dilakukan dalam rangkaian guna memecahkan masalah.
            Terdapat beberapa jenis Penelitian Tindakan, dua diantaranya adalah penelitian tindakan perorangan dan penelitian tindakan kelompok. Penelitian tindakan termasuk penelitian kualitatif walaupun data yang dikumpulkan bisa saja bersifat kuantitatif.
            Penelitian tindakan berbeda dari penelitian formal. Penelitian formal bertujuan menguji hipotesis dan membangun teori yang bersifat umum. Sedangkan penelitian tindakan lebih bertujuan memperbaiki kinerja, sifatnya kontekstual dan hasilnya tidak untuk digeneralisir.
Perbedaan antara penelitian formal dengan classroom action research  disajikan dalam table sbb:
No
Ketentuan
Penelitian Formal
CAR
1
Pelaku
Dilakukan oleh orang lain
Dilakukakan oleh guru yang bersangkutan
2
Sampel
Harus representative
Tidak harus refsentatif
3
Instrument
Harus valid dan relibel
Tidak harus valid dan realibel
4
Statistic
Analisis statistic yang  baik
Tidak harus menggunakan statistik
5
Hipotesis
Hipotesis harus jelas
Tidak mensyaratkan hipotesis
6
Teori
Harus berlandaskan teori yang sudah ada
Teori tidak terlalu berpengaruh
7
fungsi
Menguji teori
Memperbaiki praktik pembelajaran secara langsung

Ada beberapa prinsip dasar PTK;
1.      Berkelanjutan, dilakuan secara siklustis
2.      Integral , PTK merupakan bagian integral dari  konteks yang diteliti
3.      Ilmiah, diagnosis masalah berdasar pada kejadian nyata
4.      Motivasi dari dalam, motivasi untuk memperbaiki kualitas harus tumbuh dari dalam.
5.      Lingkup, masalah tidak dibatasi pada masalah pembelajaran didalam dan luar ruang kelas.

Dalam PTK , guru harus bertindak sebagai pengajar sekaligus peneliti. Focus penelitian merupakan kegiatan pembelajaran. Gurupun mempunyai hak ototnomi untuk memperbaiki kinerjanya. Metode paling utama adalah merefleksikan diri dengan tetap mengikuti  kaidah-kaidah penelitian yang sudah baku dan bukan tradisional.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Rindu Indonesia

HUJAN

Nazwa Aulia